Tanggung Jawab Hukum Pelaku Usaha Jasa Angkutan Umum Terhadap Pemenuhan Hak Atas Keamanan, Kenyamanan, dan Keselamatan Konsumen Pengguna Jasa Angkutan Bus Antar Kota,

Utama, Andhika Dwi (2013) Tanggung Jawab Hukum Pelaku Usaha Jasa Angkutan Umum Terhadap Pemenuhan Hak Atas Keamanan, Kenyamanan, dan Keselamatan Konsumen Pengguna Jasa Angkutan Bus Antar Kota,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis mengangkat permasalahan tanggung jawab hukum pelaku usaha jasa angkutan umum terhadap hak-hak konsumen dan apa kendala dan upaya dalam melakukan pemenuhan pertanggungjawaban hukum tersebut agar pengusaha jasa angkutan umum bisa lebih memperhatikan masalah hak konsumen dan menjalankan usahanya sesuai dengan apa yang diatur pemerintah, untuk mewujudkan angkutan umum yang nyaman,aman dan selamat. Hal ini dilatarbelakangi dengan cukup sering terjadinya kecelakaan yang dialami oleh bus Puspa Indah dan masalah pelanggaran hak kenyamanan bus Puspa Indah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk tanggung jawab hukum pelaku usaha jasa angkutan umum terhadap pemenuhan hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen pengguna jasa bus antar kota serta apa kendala dalam melaksanakan pertanggungjawaban hukum tersebut. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian yuridis empiris yaitu penelitian yang menggunakan metode penelitian empiris dengan model penelitian yuridis sosiologis, lokasi penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan kota Malang dan PO Bus Puspa Indah dengan menggunakan jenis data primer dan sekunder dengan dengan sumber, teknik pengumpulan data menggunakan teknik empiris serta populasi dan sampel dalam penelitian ini meliputi Dinas Perhubungan Kota Malang, PO Bus Puspa Indah dan konsumen pengguna jasa bus Puspa Indah, serta menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan mengkaji peraturan juga menggunakan definisi operasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa tanggung jawab hukum terkait pemenuhan hak atas kenyamanan,keamanan dan keselamatan belum optimal karena pihak PO Puspa Indah belum melaksanakan kewajibanya dengan baik yaitu menjalankan usaha jasa bus yang baik sesuai peraturan yang ada dan juga memenuhi hak konsumen mengenai hak kenyamanan, keamanan dan keselamatan dan dalam pelaksanaanya tanggung jawab hukum ini mengalami kendala-kendala berupa kendala internal dan eksternal yaitu kurangnya komunikasi antara pihak yang terkait dan tarif yang terlalu rendah sehingga biaya operasional menjadi kurang terpenuhi. Berdasarkan dari hasil penelitian, maka disarankan agar Dinas Perhubungan melakukan tindakan dan melaksanakan tugasnya dengan baik untuk menindak bus Puspa Indah yang tidak memenuhi standar dan pihak PO Puspa Indah harus memperbaiki kinerjanya agar lebih bisa menghadirkan bus yang nyaman, aman dan selamat sehingga bisa memenuhi hak-hak konsumen yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/211/051308888
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Sep 2013 15:48
Last Modified: 14 Apr 2022 01:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111574
[thumbnail of 051308888.pdf]
Preview
Text
051308888.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item