Usman, Syarifah (2013) Pelaksanaan Pemberian Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pada Latar Belakang penulisan skripsi ini penulis mengangkat tentang adanya penolakan terhadap pasien yan ingin melakukan cuci darah di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Saiful Anwar Kota Malang karena habisnya anggaran yang diberikan oleh pihak pemerintah provinsi, selain itu terdapat masyarakat yang tidak mendapatkan haknya dalam hal manfaat dan pelayanan dasar kesehatan. Sehingga peneliti merumuskan masalah tentang Bagaimana Pelaksanaan Pemberian Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Saiful Anwar Kota Malang berdasarkan Implementasi Pasal 19 ayat (2) jo Pasal 20 ayat (1) jo Pasal 22 ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Apa sajakah Hambatan dalam Pelaksanaan Pemberian Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan tersebut dan dan Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam Pelaksanaan Pemberian Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis pelaksanaan pasal tersebut beserta hambatan dan upaya pihak manajamen Rumah Sakit Umum Daerah dr. Saiful Anwar Kota Malang untuk mengatasi hambatan. Jenis Penelitian ini adalah empiris dan pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Lokasi penelitian adalah di RSUD dr. Saiful Anwar Kota Malang dengan menggunakan Accidental Sampling dalam Penelitian ini. Pelaksaan Pemberian Pelayanan Kesehatan dilihat dari Tujuan Pemberian Pelayanan Kesehatan, Kepesertaan, Manfaat Pelayanan Kesehatan dan Prosedur Pemberian Pelayanan Kesehatan. Hambatannya adalah pelayanan kesehatan yang lambat karena Sumber Daya Manusia yang kurang dan ketidakramahan dari pihak tenaga kesehatan, selain itu tidak adanya pembaharuan data kepesertaan dan penerima JAMKESMAS yang belum mendapatkan haknya sebagai Warga Negara yang dilindungi oleh Pemerintah. Upaya dalam menangani hambatannya adalah menyederhanakan segala sesuatu yang berhubungan dengan prosedur keabsahan JAMKESMAS sehingga tidak mempersulit para penerima JAMKESMAS, selalu memperbaharui dokumentasi mengenai kepesertaan JAMKESMAS dan tidak membedakan antara Pihak dari peserta JAMKESMAS maupun Pihak dari Pasien Umum sehingga semua Warga Negara Indonesia akan selalu mendapatkan Haknya dimanapun mereka berada dan yang paling penting adalah memberlakukan Etik Pelayanan Kesehatan. Kesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah bahwa masih adanya ketidak adilan dari pelayanan yang dilakukan oleh pihak loket administrasi di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Saiful Anwar yaitu membedakan Pelayanan antara Pasien Umum, Pasien Askes dan Pasien JAMKESMAS. Sarannya adalah agar semua pihak dapat peduli dengan kesehatan khususnya para Peserta JAMKESMAS yang harus menggunakan haknya yang telah diberikan oleh Pemerintah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2013/18/051302899 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 15 Apr 2013 10:24 |
Last Modified: | 13 Apr 2022 04:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111540 |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |