Studi Kriminologis Tentang Faktor Penyebab Dan Modus Operandi Tindak Pidana Pembunuhan Oleh Wanita (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Malang)

Tondy, Bartimeus (2013) Studi Kriminologis Tentang Faktor Penyebab Dan Modus Operandi Tindak Pidana Pembunuhan Oleh Wanita (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Kelas II A Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Studi Kriminologi Tentang Faktor Penyebab Dan Modus Operandi Tindak Pidana Pembunuhan Oleh Wanita. Hal ini dilatarbelakangi oleh tidak menutup kemungkinan wanita dapat melakukan tindak pidana pembunuhan sama seperti pria, tetapi jumlahnya lebih rendah, dikarenakan kejahatan biasa dilakukan oleh wanita tergolong dalam kejahatan ringan dan tidak profesional, serta dilakukan dalam keadaan terpaksa yang didorong keadaan dan kepentingan yang mendesak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganilisis faktor yang menyebabkan wanita melakukan tindak pidana pembunuhan dan modus operandi yang dilakukan oleh wanita dalam tindak pidana pembunuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris yang merupakan suatu penelitian yang dilakukan pada masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta, kemudian diteruskan dengan menemukan masalah, menuju identifikasi masalah, dan mencari penyelesaian masalah. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh jawaban permasalahan sebagai berikut : (1) Faktor yang menyebabkan wanita melakukan tindak pidana pembunuhan, meliputi : faktor intern yang terdiri dari faktor usia dan faktor kejiwaan yang mempengaruhi psikologis dari seorang wanita dalam suatu situasi dan kondisi. Faktor ekstern yang meliputi peran korban dan faktor lingkungan keluarga. (2) Modus operandi yang digunakan dalam melakukan tindak pidana pembunuhan oleh wanita, meliputi : tindak pidana pembunuhan yang dilakukan dengan bantuan orang lain, tindak pidana yang dilakukan dengan sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2013/16/051302897
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:28
Last Modified: 13 Apr 2022 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111519
[thumbnail of SKRIPSI_-_Bartimeus_Tondy_-_0810113251.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_-_Bartimeus_Tondy_-_0810113251.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item