Pelaksanaan Pengenaan Pajak Penghasilan Terhadap Yayasan Yang Bergerak Di Bidang Pendidikan (Studi Di Yayasan Pendidikan Al – Aqobah Jombang)

Apriyanti, Devi (2012) Pelaksanaan Pengenaan Pajak Penghasilan Terhadap Yayasan Yang Bergerak Di Bidang Pendidikan (Studi Di Yayasan Pendidikan Al – Aqobah Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah pajak adalah masalah negara yang juga menjadi masalah seluruh rakyat dalam suatu negara. Dengan adanya paksaan untuk membayar pajak, ini berarti adanya peningkatan kemampuan keuangan negara. Di dalam bidang perpajakan, mengenai yayasan mendapat sorotan yang lebih mendalam karena tidak menutup kemungkinan yayasan mendapatkan penghasilan dari usaha yang bersifat social atau semata – mata untuk kepentingan umum sehingga terhadap penghasilan tersebut dapat dikenakan pajak penghasilan. Dengan latar belakang pada hal di atas, maka penelitian ini mengangkat masalah mengenai bagaimana pelaksanaan pengenaan pajak penghasilan terhadap yayasan yang bergerak dibidang pendidikan khususnya di Yayasan Al – Aqobah Jombang menurut UU No. 17 Tahun 2000, faktor –factor apa yang menyebabkan terhambatnya proses pengenaan pajak penghasilan terhadap yayasan yang bergerak dibidang pendidikan dan upaya – upaya apa saja yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Mojokerto untuk meningkatkan penerimaan pajak penghasilan dari yayasan pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jawaban atas permasalahan di atas, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu hukum khususnya masalah perpajakan dan bermanfaat bagi Kantor Pelayanan Pajak terhadap masalah – masalah yang berkaitan dengan pajak penghasilan terhadap yayasan pendidikan. Skripsi ini dibuat dengan metode penelitian data primer dan data sekunder dengan bahan hukum yang diperoleh dari hasil wawancara (wawancara bebas) dan kepustakaan (buku – buku penunjang, peraturan perundang - undangan). Berdasarkan pengamatan penulis selain melaksanakan penelitian lapangan di Yayasan Al – Aqobah, penulis menemukan beberapa hal sebagai berikut : 1. Dalam pengenaan pajak penghasilan terhadap yayasan yang bergerak dibidang pendidikan harus dilihat penghasilan yang merupakan obyek pajak. 2. Meski undang – undang perpajakan khususnya pajak penghasilan telah dibuat dengan sederhana tetapi faktor – faktor yang menyebabkan terhambatnya proses pengenaan pajak itu pasti ada. Dari Al – Aqobah, yang menjadi masalah adalah adanya administrasi keuangan yang belum baik. Dari Kantor Pelayanan Pajak, yang menjadi masalah adalah kurang aktif dan keterlambatan penyampaian SPT. 3. Untuk meningkatkan penerimaan sumber pajak dari yayasan pendidikan, Kantor Pelayanan Pajak melakukan upaya intensifikasi dan ekstensifikasi serta adanya penyuluhan di lapangan yang nantinya berguna untuk Kantor Pelayanan Pajak dan masyarakat umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/212/051204057
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Oct 2012 13:17
Last Modified: 08 Apr 2022 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111317
[thumbnail of PELAKSANAAN_PENGENAAN_PAJAK_PENGHASILAN.pdf]
Preview
Text
PELAKSANAAN_PENGENAAN_PAJAK_PENGHASILAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item