Pemberian Dana Santunan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Oleh Pt. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun (Studi Implementasi Pasal 4 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib

Binashrillah, AlFaiz (2012) Pemberian Dana Santunan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Oleh Pt. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun (Studi Implementasi Pasal 4 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penelitian ini yang akan dibahas adalah mengenai pemberian dana santunan korban kecelakaan lalu lintas oleh PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Pasal 4 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan mengenai pemberian dana santunan korban kecelakaan lalu lintas oleh PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun serta apa saja faktor penghambat dan upaya yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi faktor penghambat dari implementasi Pasal 4 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan tersebut. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun dalam menyalurkan dana santunan kecelakaan lalu lintas, Untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai faktor penghambat yang dialami, serta untuk mengetahui dan menganalisis secara kritis mengenai upaya yang dapat dilaksanakan untuk mengatasi faktor penghambat. Penulis menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Untuk pengumpulan data penulis menggunakan wawancara dan studi kepustakaan yang diambil dari PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun dan Kepolisian Resort Madiun Kota, wawancara para pihak serta mengutip catatan, karya tulis, Undang-Undang maupun peraturan dan dokumen lainnya. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif untuk data primer sedangkan untuk data sekunder menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa pemberian dana santunan korban kecelakaan lalu lintas oleh PT. jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun telah dilaksanakan sesuai dengan Pasal 4 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 Tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang akhirnya dari hasil penelitian dapat membedakan mengenai syarat pengajuan dana santunan untuk korban, ahli waris korban, ataupun kuasa korban serta mengklasifikasikan mengenai mekanisme pengajuan dana santunan secara umum, apabila korban tidak berdomisili di wilayah Madiun Raya, serta apabila tidak terjamin dalam undang-undang. Hambatan yang dominan menjadi kendala dalam pemberian dana santunan adalah mengenai sosialisasi yang sangat kurang, dengan mengetahui hal ini maka diharapkan PT. Jasa Raharja (Persero) Perwakilan Madiun lebih berperan aktif dalam melaksanakan program sosialisasi mengenai dana santunan kecelakaan lalu lintas..

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/166/051204011
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2012 13:30
Last Modified: 22 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111272
[thumbnail of 051204011.pdf]
Preview
Text
051204011.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item