Upaya Kepolisian Dalam Meningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan Surat Izin Mengemudi (Sim) Melalui Pelayanan Prima ( Studi Di Polres Bantul)

Gaby, Rara (2012) Upaya Kepolisian Dalam Meningkatan Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan Surat Izin Mengemudi (Sim) Melalui Pelayanan Prima ( Studi Di Polres Bantul). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini penulis membahas mengenai Upaya Kepolisian Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) Melalui Pelayanan Prima (Studi di Polres Bantul), yang diharapkan dapat memberikan dampak nyata yang luas terhadap peningkatan pelayanan publik khususnya pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk masyarakat. Pelayanan publik berperan penting dalam penyelenggaraan pemerintah, karena menyangkut kepentingan masyarakat luas. Sebagai bentuk pelayanan publik yang prima pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah merupakan pelayanan bermutu yang disediakan oleh kepolisian. Pelayanan yang bermutu merupakan pelayanan yang sesuai dengan standart pelayanan yang prima dalam suatu penyelenggaraan pelayanan dan untuk melihat apakah bentuk pelayanan publik selama ini telah sesuai dengan standart pelayanan publik, terutama berkaitan dengan pelayanan dalam bentuk menyangkut segala urusan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baik yang berkaitan dengan biaya, persyaratan-persyaratan, dan tes ujian. Satlantas Polres Bantul sebagai salah satu organisasi publik yang bertugas memberikan pelayanan publik salah satunya dengan memberikan pelayanan pembuatan berbagai macam jenis Surat Izin Mengemudi (SIM) baik SIM A, B, maupun C. Dalam penulisan skripsi ini, membahas mengenai: (1) Bagaimana upaya yang dilakukan Polres Bantul dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui pelayanan prima. (2) Apa saja kendala yang dialami oleh Polres Bantul dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). (3) Apa solusi dan inovasi yang telah diciptakan Polres Bantul guna mengatasi kendala yang ada dan agar lebih mempermudah masyarakat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan dan dokumentasi berupa data-data yang berhubungan langsung dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa Polres Bantul telah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui pelayanan yangg prima. Pelayanan prima merupakan pelayanan yang bermutu yang memenuhi standart pelayanan publik. Walaupun Polres Bantul telah berupaya keras, namun masih ada kendala yang dialami Polres Bantul seperti kurangnya pelatihan untuk petugas, tidak diikutinya antrian dengan baik selama prosesnya, dan adanya masyarakat yang tidak jujur dengan mengambil jalan singkat seperti melalui calo, ataupun adanya kenalan orang dalam. Namun Polres Bantul juga telah mempunyai solusi dan inovasi tersendiri untuk mengatasinya. Sehingga pelayanan publik pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang berkualitas dapat tetap dirasakan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2012/160/051202404
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Oct 2012 13:41
Last Modified: 22 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111266
[thumbnail of 051202404.pdf]
Preview
Text
051202404.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item