Optimalisasi Pemungutan Pajak Hotel Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah

Altrisna, Citra and Luthfi Effendi, SH, MHum. and Tunggul Anshari SH, MH. (2012) Optimalisasi Pemungutan Pajak Hotel Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas Optimalisasi pemungutan pajak hotel oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah serta kendala yang dihadapi dalam melaksanakan optimalisasi pemungutan pajak hotel oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala didalam melakukan optimalisasi pemungutan pajak hotel. Masalah ini dilatarbelakangi karena pajak hotel merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah yang cukup potensial untuk ditingkatkan. Oleh karena itu Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang memiliki tanggung jawab untuk membuat langkah kebijakan seperti ekstensifikasi perpajakan, penyempurnaan sistem perpajakan penyuluhan perpajakan, serta upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat, serta pembenahan aparatur perpajakan untuk mencapai jumlah penerimaan untuk mencapai optimalisasi dari pemungutan pajak hotel. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bentuk optimalisasi pemungutan pajak hotel oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Selain itu penulisan skripsi ini juga ditujukan untuk mengetahui, menemukan dan menganalisis kendala yang dialami oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang didalam melakukan optimalisasi pemungutan pajak hotel dan upaya apa saja yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang untuk mengatasi kendala didalam melakukan optimalisasi pemungutan pajak hotel. Dalam penulisan skripsi ini penulis mengunakan metode pendekatan yuridis - sosiologis. Lokasi yang dipilih penulis adalah Kota Malang khususnya Dinas Pendapatan Daerah. Didalam melakukan penelitian penulis melakukan pengumpulan data, teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dibagi menjadi dua yaitu teknik pengumpulan data primer dengan melakukan wawancara dan observasi serta teknik pengumpulan data sekunder yaitu dengan melakukan studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Obyek yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pejabat atau aparat pelaksana di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Adapun yang menjadi sampel disini adalah beberapa pejabat atau aparat pelaksana yang terlibat dan ditunjuk karena mempunyai kewenangan dalam melakukan optimalisasi terhadap pajak hotel. Kemudian data yang akan dipergunakan dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif - analisis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada yaitu optimalisasi pemungutan pajak hotel oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang alam meningkatkan pendapatan asli daerah ada beberapa cara yaitu melalui upaya intensifikasi, dan ekstensifikasi. Upaya intensifikasi adalah penggiatan kinerja dari dalam tubuh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang sendiri untuk terus ditingkatkan guna mendapatkan pendapatan semaksimal mungkin dari sektor pajak hotel. Sedangkan upaya Ekstensifikasi adalah peningkatan kerja dari luar tubuh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang dengan tujuan mendapatkan pendapatan semaksimal mungkin dari sektor pajak hotel. Selama melakukan optimalisasi pemungutan pajak hotel, Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang menemui beberapa kendala yang dibagi menjadi dua yaitu kendala internal yaitu kendala yang berasal dari dalam Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang sendiri berupa sumber daya personil yang terbatas serta sistem pemungutan pajak yang kurang efisien, dan kendala eksternal yaitu kendala yang berasal dari luar Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang seperti kurangnya kesadaran wajib pajak untuk patuh membayar pajak hotel serta belum adanya reward bagi wajib pajak. Upaya yang dapat dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang didalam mengatasi kendala adalah melakukan upaya internal dan upaya eksternal. Upaya internal berupa peningkatan ketrampilan kerja dan pengetahan aparat, evaluasi system dana prosedur pemungutan pajak hotel. Upaya eksternal berupa pendaftaran dan pendataan wajib pajak, membina hubungan kemitraan dengan wajib pajak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2011/286/051104834
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Apr 2012 14:16
Last Modified: 14 Nov 2021 04:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/111045
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_PART_2.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_PART_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_PART_3.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_PART_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN_JUDUL.pdf]
Preview
Text
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item