Bayu, Muhammad (2011) Kajian yuridis regulasi perbankan dalam rangka pembentukan lembaga mediasi perbankan independen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Perkembangan bisnis perbankan di Indonesia berjalan sangat pesat. Akan tetapi ditengah kepesatan yang terjadi diiringi pula oleh kompleksitas permasalahan. Salah satu wujud kompleksitas permasalahan tersebut antara lain dibidang penyelesaian sengketa antara bank dan nasabah. Jika selama ini hanya dikenal upaya litigasi. Maka di era supremasi hukum ini dikenalkan upaya penyelesaian sengketa yang bersifat non litigasi yaitu dalam bentuk mediasi perbankan. Oleh sebab untuk mengkaji dan menganalisis praktek penyelesaian non litigasi disusunlah penelitian dengan judul, ”KAJIAN YURIDIS REGULASI PERBANKAN DALAM RANGKA PEMBENTUKAN LEMBAGA MEDIASI PERBANKAN INDEPENDEN”. Permasalahan yang dibahas yaitu : (1) Bagaimana Peraturan Perbankan Indonesia dalam mengakomodir pelaksanaan pembentukan Lembaga Mediasi Perbankan Independen. (2) Bagaimana solusi terhadap sistematika yang tepat bagi pengaturan Lembaga Mediasi Perbankan Independen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian Yuridis Normatif. Dalam konteks ini peneliti ingin mengkaji dan menganalisis beberapa instrumen hukum positif yang mendukung (support) terhadap pelaksanaan mekanisme penyelesaian sengketa melalui proses mediasi di sektor bisnis perbankan. Disamping meneliti instrumen hukum positif untuk melengkapi analisis juga menggunakan data pendukung berupa praktek mediasi perbankan yang dijalankan oleh Bank Indonesia dan bebrapa bank. Sehingga berdasarkan pada proses analisis secara holistik dan komprehensif diharapkan mampu menawarkan sebuah solusi kongkrit mengenai gagasan konseptual pembentukan lembaga mediasi perbankan independen. Berdasarkan uraian diatas maka sumbangsih saran yang dapat diberikan antara lain: Seyogyanya Bank Indonesia sebagai otoritas perbankan mendorong asosiasi perbankan untuk segera mendirikan lembaga mediasi perbankan independen yang profesional, akuntable, dan transparan. Seyogyanya mediasi sebagai salah satu bentuk alternatif penyelesaian sengketa non litigasi menjadi upaya preventif dalam rangka memperkuat sektor perbankan di bidang perlindungan konsumen sebagai salah satu pilar tegaknya Arsitektur Perbankan Indonesia (API).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2011/23/051100887 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 17 Mar 2011 10:40 |
Last Modified: | 28 Mar 2022 07:24 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110984 |
Preview |
Text
051100887.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |