Karakter Produk Hukum Pengaturan Pers dalam Masa Transisi Demokrasi di Indonesia : Analisis Yuridis terhadap Undang-Undang yang Mengatur tentang Pers

Rahmawan, TriyaIndra (2010) Karakter Produk Hukum Pengaturan Pers dalam Masa Transisi Demokrasi di Indonesia : Analisis Yuridis terhadap Undang-Undang yang Mengatur tentang Pers. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam suatu pemerintahan yang demokratis, rakyat diposisikan sebagai figur yang sangat penting, karena rakyat adalah pemegang kedaulatan tertinggi, sehingga untuk mewujudkan pemerintahan yang demokratis, negara diharuskan memberikan jaminan hak asasi kepada masyarakat. Demokrasi sebagai dasar hidup berbangsa pada umumnya memberikan pengertian bahwa adanya kesempatan bagi masyarakat untuk ikut memberikan ketentuan dalam masalah-masalah pokok mengenai kehidupannya, termasuk dalam menilai kebijakan pemerintah, karena kebijakan tersebut menentukan kehidupannya. Dengan kata lain dalam suatu negara demokrasi terdapat kebebasankebebasan masyarakat untuk berpartisipasi yang diatur dalam peraturan perundangundangan Agar masyarakat dapat berperan serta dalam mempengaruhi proses pembuatan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah, maka perlu adanya sarana atau media yang akan digunakan dalam partisipasi tersebut. Salah satu sarana yang dapat digunakan masyarakat dalam proses partisipasi adalah pers. Dalam proses demokratisasi faktor komunikasi dan media massa mempunyai arti yang cukup penting, yaitu berfungsi sebagai alat penyebaran informasi dan kontrol sosial. Pers merupakan media komunikasi antar pelaku pembangunan demokrasi dan sarana penyampaian informasi dari pemerintah kepada masyarakat maupun dari masyarakat kepada pemerintah secara dua arah. Komunikasi ini diharapkan menimbulkan pengetahuan, pengertian, persamaan persepsi dan partisipasi masyarakat, sehingga demokrasi dapat terlaksana dalam kehidupan bernegara. Sebagai lembaga sosial, pers berkewajiban membentuk kesamaan kepentingan antara masyarakat dan negara, sehingga wajar sekali apabila pers berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan kepentingan pemerintah dan masyarakat. Untuk itu, diperlukan suatu karakter produk hukum pengaturan pers yang responsif agar pers dapat berjalan sesuai dengan fungsinya. Penilaian karakter produk hukum pengaturan pers dalam masa transisi demokrasi di Indonesia merupakan upaya untuk memberikan sumbangsih pemikiran dalam mewujudkan kemerdekaan pers yang bermakna dalam kehidupan berdemokrasi, berdasarkan hukum dan etika, seperti yang dicita-citakan masyarakat. Terciptanya suatu produk hukum pengaturan pers yang responsif akan mencerminkan pemenuhan atas tuntutan baik individu maupun berbagai kelompok sosial di dalam masyarakat sehingga lebih mampu mencerminkan rasa keadilan di dalam masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/71/051001077
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2010 10:20
Last Modified: 25 Mar 2022 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110833
[thumbnail of 051001077.pdf]
Preview
Text
051001077.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item