Teja, Loren (2010) Upaya Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Malang Utara Dalam Pemberian Sanksi Administratif Terhadap Ketidak benaran Dalam Pengisian Surat Pajak Terhutang (SPT) Pada PPh : Studi Di Kantor Pelayanan Pa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Indonesia sebagai Negara Hukum dimana di dalamnya bertujuan untuk mewujudkan keadilan, kemanfaatan atau kepastian hukum, bukan hanya dalam bentuk kaidah namun juga tercermin dalam pelaksanaannya bagi seluruh bangsa Indonesia. Dimana Negara juga berkewajiban untuk melindungi rakyat dengan segala kepentingannya dan menyediakan sarana serta fasilitas yang diperlukan untuk memperlancar pelaksanaan pemerintahan dan memberikan pelayanan kepada rakyat, mempertahankan hukum, memelihara ketertiban dan keamanan negara. Di dalam melaksanakan kewajibannya negara membutuhkan sumber – sumber penghasilan negara berupa pajak, yang salah satunya pajak penghasilan. Kota Malang sebagai kota pelajar yang sedang berkembang banyak tersedia berbagia fasilitas pendidikan mulai dari Taman Kanak – Kanak sampai dengan Perguruan Tinggi baik yang bertaraf swasta maupun yang negeri. Selain di bidang pendidikan masih banyak potensi yang dimiliki oleh Kota Malang. Begitu banyak hal yang perlu ditingkatkan namun pembangunan di Kota Malang itu sendiri dirasa kurang bahkan terkesan lama, disebabkan masih kurangnya kesadaran dari masyrakat dalam hal pentingnya pajak sebagai jantung dari pembangunan kota itu sendiri. Salah satunya mengenai kesadaran masyarakat di bidang pajak dalam pelaporan, pengisian formulir pajak, dan pembayaran jumlah besaran pajak yang harus dibayarkan. Jika dilakukan dengan baik dan di laporkan derta dibayarkan sesuai dengan besaran pajak yang harus dibayarkan hal itu akan sangat membantu pembangunan kota Malang. Fasilitas dan sarana publik dapat segera terealisasikan dengan baik. Namun, faktor dari wajib pajak yang tidak kooperatif dalam proses pembayaran pajak terhambatnya pembangunan bagi Kota Malang itu sendiri. Untuk membahas permasalahan yang muncul, didapat dari data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari hasil wawancara dengan responden dan dari hasil lapangan. Kemudian dari data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung berupa studi kepustakaan, literatur, dan artikel situs internet. Baik data primer maupun data sekunder saya analisis dengan teknik analisis deskriptif analitis yaitu memaparkan data yang diperoleh dari penelitian secara sistematis kemudian dianalisa untuk memperoleh suatu kesimpulan. Dari hasil wawancara dan pengamatan di lapangan didapat kendala – kendala upaya kantor pelayanan pajak pratama kota malang utara dalam pemberian sanksi administratif terhadap ketidak benaran dalam pengisian surat pajak terhutang (spt) pada pph (studi di kantor pelayanan pajak pratama kota malang utara) yaitu : wajib pajak yang tidak kooperatif, wajib pajak menerima diperiksa namun tidak memberikan dokumen yang diperlukan, adanya double book keeping (pembukuan ganda), wajib pajak keberatan diperiksa, wajib pajak tidak membayar setelah dikeluar ketetapan.Hal tersebut menyebabkan kerugian negara, dan berdampak pembangunan yang terhambat. Upaya yang dilakukan oleh pihak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Malang Utara melihat kendala – kendala yang ada yaitu dengan diberikannya sanksi administratif baik berupa bunga, denda, maupun surat ketetapan pajak tambahan bila wajib pajak terbukti melakukan tindakan memberikan keterangan secara tidak benar pada pajak PPh, kemudian Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kota Malang Utara melakukan upaya ekstensifikasi dengan mencari wajib pajak baru, intensifikasi dengan menggali wajib pajak lama. Dengan ini, diharapkan wajib pajak dapat melaporkan mengisi dan membayarkan pajak penghasilan mereka dengan sebenar – benarnya dan apa adanya sehingga tidak menimbulkan kerugian negara dan pembangunan Kota Malang dapat berjalan dengan lancar menjadikan Kota Malang menjadi lebih maju.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2010/307/051102586 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 08 Sep 2011 10:04 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 03:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110785 |
Preview |
Text
051102586.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |