Putri, Anasty Raysha (2011) Hambatan dalam pembayaran klaim asuransi kebakaran pada agunan kredit bank di PT. Asuransi Rama Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisis apa yang menjadi hambatan dan bagaimana penyelesaian perselisihan dalam proses pembayaran klaim asuransi kebakaran terhadap agunan kredit pada bank di PT. Asuransi Rama Malang. Metode penulisan yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Penelitian ini mengambil lokasi pada PT. Asuransi Rama Malang. Responden yang diambil memenuhi kriteria sebagai pihak yang terlibat pada proses pembayaran klaim asuransi kebakaran terhadap agunan kredit pada bank di PT. Asuransi Rama Malang. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang dikumpulkan melalui wawancara dengan responden dan data sekunder yang didapatkan dari penelusuran bahan-bahan hukum tertulis. Data tersebut diolah dan dianalisis secara kualitatif. Terdapat bank yang menggunakan nilai Apraisal (penilaian asset) bukan melihat nilai Aktualnya (nilai kerugiannya) dalam perjanjian pertanggungan karena disesuaikan dengan perjanjian kredit yang dimiliki bank yang masing-masing bank berbeda. Terjadi permasalahan saat pada akhirnya terjadi evenemen dan tertanggung merasakan ada kerugian akibat adanya kebakaran saat jangka waktu asuransi dan kredit itu masih berlangsung adalah apabila nilai kerugian akibat kebakaran itu melebihi nilai yang diasuransikan, dan tidak meperthatikan Premier Risque. Hal tersebut dapat menimbulkan tertanggung kecewa dan menolak jumlah akhir dari klaim yang dibayarkan Asuransi Rama dan hal ini menjadi hambatan pada proses pembayaran klaim asuransi kebakaran terhadap agunan kredit bank. Pada pelaksanaan ketentuan penyelesaian perselisihan yang termuat dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia saat terjadi hambatan pada proses pembayaran klaim asuransi kebakaran terhadap agunan kredit bank di PT. Asuransi Rama Malang Dalam Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia termuat dalam salah satu pasal tentang Perselisihan. Dalam polis dapat diberikan pilihan penyelesaian perselisihan termasuk juga perselisihan dalam pembayaran klaim asuransi kebakaran. Dalam polis juga ada dua alternative penyelesaian yaitu melalui lembaga arbitrrase dan lewat penngadilan dengan terlebih dahulu diupayakan perdamaian dari pihak internal PT.Asuransi Rama Malang. Namun hal tersebut mempunyai kendala, kekurangan dan kelebihann dalam prakteknya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2010/290/051110256 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 01 Feb 2011 10:50 |
Last Modified: | 23 Mar 2022 01:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110768 |
Preview |
Text
051100256.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |