Analisis Yuridis Putusan Hakim Pengadilan Negeri Kepanjen Nomor 82/Pdt.G/2007/PN.Kpj. : Perihal Dikabulkannya Gugatan Perjanjian dengan Kausa yang Tidak Halal

Setyawan, Luby Ragil (2010) Analisis Yuridis Putusan Hakim Pengadilan Negeri Kepanjen Nomor 82/Pdt.G/2007/PN.Kpj. : Perihal Dikabulkannya Gugatan Perjanjian dengan Kausa yang Tidak Halal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Purwanto dkk. (bukan nama sebenarnya) mengajukan gugatan berdasar pada perjanjian ke Pengadilan Negeri Kepanjen karena merasa dirugikan atas perbuatan ingkar janji yang dilakukan oleh Sulistyowati (bukan nama sebenarnya). Berdasar pada Pasal 1320 KUH Perdata, perjanjian tersebut bermasalah atau lebih tepatnya tidak sah, karena bertentangan dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, serta aturan perundang-undangan lain yang berkaitan dengan pengadaan Pegawai Negeri Sipil. Berdasar pada gugatan tersebut, Hakim Pengadilan Negeri Kepanjen mengeluarkan Putusan Nomor 82/Pdt.G/2007/PN.Kpj yang mengabulkan sebagian gugatan para penggugat (Purwanto dkk.). Hal ini janggal karena perjanjian yang menjadi dasar gugatan adalah perjanjian yang batal demi hukum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dikabulkannya gugatan perjanjian dengan kausa yang tidak halal. Dengan demikian akan dapat diketahui apakan dasar dan pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor 82/Pdt.G/2007/PN.Kpj sesuai dengan hukum perjanjian atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Karena itu penelitian ini menggunakan jenis bahan hukum primer, sekunder, dan tersier yang diperoleh dari proses studi kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interpretasi hukum gramatikal dan teknik interpretasi sistematis. Berdasarkan hasil penelitian, hakim dalam dasar dan pertimbangannya tidak menyinggung mengenai perjanjian yang dibuat oleh para pihak sebagaimana disebut di atas, bahwa perjanjian tersebut tidak memenuhi syarat sebagai mana diatur dalam Pasal 1320 KUH Perdata poin keempat. Karena kausa perjanjian tersebut bertentangan dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-pokok Kepegawaian dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2002 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, serta aturan perundang-undangan lain yang berkaitan dengan pengadaan Pegawai Negeri Sipil. Kesimpulan penelitian ini adalah Putusan Hakim Pengadilan Negeri Kepanjen Nomor 82/Pdt.G/2007/PN.Kpj merupakan produk hukum yang cacat, karena telah mengabulkan gugatan berdasar pada perjanjian yang sebenarnya batal demi hukum, perjanjian yang tidak melahirkan perikatan, sehingga tidak dimungkinkan adanya tuntuan hak di muka hukum. Peneliti menyarankan agar setiap gugatan yang didasarkan pada perjanjian yang diajukan ke Pengadilan harus diperiksa terlebih dahulu kausa dari perjanjian tersebut. Dengan demikian akan diketahui sah atau tidaknya perjanjian tersebut, sehingga hubungan hukum yang terjadi atara para pihak benar-benar dapat dipertahankan di muka hukum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/206/051003076
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 23 Nov 2010 09:32
Last Modified: 21 Mar 2022 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110683
[thumbnail of 051003076.pdf]
Preview
Text
051003076.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item