Kajian Yuridis Terhadap Game Online Poker Dalam Facebook Sebagai Sarana Perjudian : Tinjauan Atas KUHP dan UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

AnggaC, M Hasta (2010) Kajian Yuridis Terhadap Game Online Poker Dalam Facebook Sebagai Sarana Perjudian : Tinjauan Atas KUHP dan UU No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemajuan teknologi telah banyak membawa perubahan pada kehidupan manusia yang semakin dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Dampak dari kemajuan teknologi tersebut juga mambawa peningkatan pada kemampuan manusia dalam dunia cyber yang membawa pengaruh besar bagi kemudahan berbagai aspek kebutuhan hidup. Akhir – akhir ini dunia konektifitas melalui internet telah mempopulerkan jejaring sosial facebook yang diminati banyak kalangan dari berbagai usia. Masalah yang timbul dari berbagai fungsi facebook saat ini adalah adanya game online poker didalamnya yang bernama Texsas Holdem Poker. Tujuan dari game tersebut adalah sebagai sarana bermain di dalam jejaring sosial sekaligus untuk mencari teman yang memiliki hobi serupa. Seiring berjalannya waktu, game online tersebut telah dijadikan sebagai sarana perjudian oleh beberapa pihak dengan memanfaatkan segala fasilitas pendukungnya. Persoalan timbul karena belum ada kepastian, apakah kegiatan tersebut termasuk tindak pidana atau bukan dan peraturan apa yang digunakan untuk menjeratnya apabila sudah terbukti sebagai suatu tindak pidana. Penelitian mengenai game online Texsas Holdem Poker menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan metode penelitian penelusuran informasi yuridis, melalui studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Hasil yang didapat dari penelitian adalah, bahwa sesuai dengan teori hukum pidana game online Texas Holdem Poker yang digunakan sebagai sarana perjudian adalah suatu perbuatan pidana dengan mengkaitkan 3 ( tiga ) jenis kategori pemain didalamnya dengan unsur – unsur pidana. Peraturan Perundang – undangan yang digunakan untuk menjerat adalah Pasal 27 ayat ( 2 ) UU No.11 Th 2008 Tentang ITE Jo Pasal 303 KUHP. Pemilihan dua UU disebabkan karena unsur – unsur perjudian terdapat pada KUHP, sedangkan larangan mengenai perjudian di dalam internet menggunakan peraturan yang lebih khusus yaitu UU No. 11 Th 2008 Tentang ITE. Harapan dari penelitian mengenai game online Texas Holdem Poker khususnya bagi pengguna internet ialah agar lebih bisa memilah – milah dan menghindari perbuatan yang termasuk tindak pidana supaya tidak terlibat, bagi aparat penegak hukum untuk dapat menindak secara cepat dan tegas agar tidak meluas, bagi masyarakat untuk lebih mewaspadai tentang berbagai macam kejahatan konvensional yang dimodifikasi menjadi kejahatan moderen dan bagi pemerintah sebagai bahan referensi untuk dapat bekerjasama dengan aparat penegak hukum dan lembaga –lembaga yang terkait agar dapat mencegah perjudian di internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/187/051003057
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2010 11:08
Last Modified: 21 Mar 2022 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110667
[thumbnail of 051003057.pdf]
Preview
Text
051003057.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item