Peningkatan Kualitas Pegawai Negeri Sipil Dalam Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Good Governance : Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar

Sulandra, Ristrian Wahyu (2010) Peningkatan Kualitas Pegawai Negeri Sipil Dalam Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Good Governance : Studi di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas Pegawai Negeri Sipil dalam pelayanan publik merupakan salah satu elemen dasar untuk mewujudkan terciptanya tata pemerintahan yang baik (Good Governance). Salah satu pertimbangan mengapa pelayanan publik menjadi prioritas untuk ditingkatkan baik dalam hal kualitas maupun bentuk layanan yang diberikan adalah karena penyelenggaraan pelayanan publik merupakan ujung tombak pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam menjalankan fungsi pelayanan terhadap masyarakat. Dua hal pokok yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar dalam dalam pelayanan publik dan kendala-kendala apa yang dihadapi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar dalam peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil dalam pelayanan publik termasuk juga di dalamnya upaya yang harus dilakukan untuk menanggulanginya. Metode penelitian memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan penelitian yang telah direncanakan, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dalam menganalisis data. Penelitian berada di Pemerintah Kabupaten Blitar, hal ini dilakukan karena Kabupaten Blitar merupakan salah satu wilayah yang sedang dalam proses berkembang di Provinsi Jawa Timur. Terdapat dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu data primer dan sekunder. Adapun tujuan dari penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil yang dilakukan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar yang ditempuh dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Blitar dan untuk mengetahui dan menganalisa kendala-kendala yang dihadapi pemerintah kabupaten Blitar dalam pelaksanaan peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil dalam pelayanan publik dan upaya-upaya yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar untuk menanggulanginya. Peningkatan Kualitas Pegawai Negeri Sipil Dalam Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Good Governance di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blitar dilaksanakan dengan melakukan penyusunan program-program pengembangan kualitas pegawai yang di dalamnya terdapat indikator kinerja dan target pencapaian yang harus dipenuhi oleh Badan Kepegawaian Kabupaten Blitar, serta melalui adanya peningkatan motivasi kepemimpinan untuk para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Badan Kepegawaian Kabupaten Blitar. Akan tetapi karena berbagai kendala yaitu faktor eksternal dan internal, dalam prakteknya pelaksanaan upaya peningkatan kualitas Pegawai Negeri Sipil tersebut belum bisa memberikan hasil yang maksimal untuk melayani publik. Untuk mengantisipasi kendala yang ada, Badan Kepegawaian Kabupten Blitar memiliki upaya yang diharapkan bisa mewujudkan pelayanan terhadap publik secara maksimal untuk tercapainya Good Governance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2010/181/051003051
Subjects: 300 Social sciences > 342 Constitutional and administrative law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2010 09:28
Last Modified: 21 Mar 2022 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110662
[thumbnail of 051003051.pdf]
Preview
Text
051003051.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item