Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) : studi di PT PLN Persero UPT Malang Dalam Mencegah Konflik Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET)

Kusuma, Ardyan Widya (2009) Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) : studi di PT PLN Persero UPT Malang Dalam Mencegah Konflik Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Implementasi CSR Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN), (Studi di PT PLN Persero UPT Malang Dalam Mencegah Konflik Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET). Hal ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa listrik telah menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam memenuhi kebutuhan primer, yakni pangan, sandang, dan papan. Listrik berperan besar atas kemajuan di berbagai bidang, yaitu sebagai salah satu infrastruktur yang menjadi tumpuan dalam upaya meningkatkan kualitas hidup atau kesejahteraan manusia, serta sebagai pendorong berbagai kegiatan ekonomi. Sementara itu listrik dapat menimbulkan masalah jika dalam penggunaannya tidak tepat. Aliran listrik tegangan tinggi sangat berbahaya bagi masyarakat, bahkan mengakibatkan kematian bagi orang yang menyentuhnya secara langsung. SUTET 500 kV berisiko menimbulkan gangguan kesehatan pada penduduk, yaitu sekumpulan gejala hipersensitivitas yang dikenal dengan electrical sensitivity berupa keluhan sakit kepala (headache ), pening ( dizziness ), dan keletihan menahun ( chronic fatigue syndrome ). Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti menganalisis lebih mendalam mengenai implementasi CSR pada BUMN. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis sosiologis dengan mengkaji pelaksanaan CSR pada lingkungan sosial. Peneliti memilih lokasi PT PLN Persero UPT Malang sebagai lokasi penelitian dengan pertimbangan bahwa P.T. PLN Persero UPT Malang Memiliki Banyak Tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dan belum pernah terjadi konflik secara signifikan hal tersebut dapat disebabkan oleh strategi perusahaan yang dituangkan dalam program tertentu untuk mencegah konflik namun pada kenyataan masih perlu diteliti. Selain itu peneliti ingin meneliti terkait pelaksanaan CSR yang berkaitan dengan dampak negatif SUTET yang mana selama ini belum pernah diteliti. Sehingga penulis tertarik untuk mengangkat masalah tersebut menjadi topik skripsi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan metode analisis secara deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa dampak SUTET pada kesehatan warga yang tinggal di sekitar adalah pusing-pusing, tumor, lumpuh, dan step pada balita, dari segi ekonomi nilai jual tanah di sekitar SUTET jadi turun. Menurut policy PLN CSR PT PLN Persero UPT Malang, sebagai langkah untuk mencegah konflik SUTET antara lain pembentukan join team, namun korban SUTET belum mendapat santunan yang seharusnya menjadi tugas join team ; pemberian dana tali asih dan pinjaman dana dari koperasi, pembangunan sarana-prasarana umum, pengukuran secara berkala; penyuluhan jarak aman; dan membuat pagar pembatas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/65/050900935
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 27 Mar 2009 09:08
Last Modified: 21 Mar 2022 01:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110598
[thumbnail of 050900935.pdf]
Preview
Text
050900935.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item