Efektifitas Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 66/PMK.03/2008 tentang Sunset Policy Terhadap Ketaatan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaporkan Pajak Penghasilan (PPh) : studi pada

Susanti, Pramita Ryal Herdais (2009) Efektifitas Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 66/PMK.03/2008 tentang Sunset Policy Terhadap Ketaatan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaporkan Pajak Penghasilan (PPh) : studi pada. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai masalah Efektifitas Sunset Policy terhadap Ketaatan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Melaporkan Pajak Penghasilan. Hal ini dilatarbelakangi dengan munculnya kebijakan dari pemerintah berupa penghapusan sanksi pajak berupa bunga yang dikhususkan pada pajak penghasilan yang disebut dengan Sunset Policy. Program pemerintah ini memiliki keunikan tersendiri yaitu masa berlakunya yang terbatas yaitu selama tahun 2008. Program pemerintah ini berusaha memotivasi masyarakat untuk sadar akan kewajiban membayar pajak dan juga berguna untuk memotivasi kinerja aparat perpajakan untuk mencapai target yang ditetapkan sebelumnya yaitu pencapaian semaksimal mungkin untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya membayar pajak. Dalam upaya untuk mengetahui efektifitas Sunset Policy dan hambatan-hambatan serta upaya yang dilakukan aparat pajak di Kantor Pelayanan Pajak Kota Malang, maka metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis, dalam arti tidak hanya melihat dari segi peraturan tertulis saja, tetapi juga mengkaitkan dengan kondidi-kondisi nyata yang berada di masyarakat. Data yang penulis berupa data primer yaitu data yang langsung penulis peroleh melalui wawancara secara directive interview dengan pihak terkait, sedangkan data sekunder penulis peroleh dari buku, literatur, peraturan perundang-undangan, dokumen, serta arsip penting yang terkait dengan obyek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dalam kurun waktu yang relative singkat memberikan hasil yang sangat memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya wajib pajak yang memanfaatkan Sunset Policy, walaupun sebagian besar masyarakat baru memanfaatkan kebijakan ini pada bulan-bulan terakhir. Masyarakat baru memanfaatkan kebijakan ini pada saat-saat terakhir dikarenakan ketakutan masyarakat yang menjadi hambatan utama. Selain itu kurangnya sosialisasi secara menyeluruh dari aparat perpajakan, sehingga yang mengetahui kebijakan ini hanya sebagian kecil masyarakat di Kota Malang. Menyikapi fakta-fakta tersebut di atas, maka perlu kiranya masyarakat sebagai wajib pajak mulai menyadari akan pentingnya pajak dengan atau tanpa adanya kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Di lain sisi apabila ada kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah seyogyanya masyarakat dapat mengambil nilai positifnya, karena apabila masyarakat tidak memanfaatkan kebijakan yang ada maka masyarakat sendiri yang akan mengalami kerugian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/25/050900641
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2009 09:20
Last Modified: 16 Mar 2022 08:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110469
[thumbnail of 050900641.pdf]
Preview
Text
050900641.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item