Pelaksanaan Pasal 108 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dalam Rangka Mewujudkan Good Corporate Governance : studi di Kantor PT Radio Chakra Bhuwana Malang

OctianAnugeraha (2009) Pelaksanaan Pasal 108 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dalam Rangka Mewujudkan Good Corporate Governance : studi di Kantor PT Radio Chakra Bhuwana Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini membahas pelaksanaan pasal 108 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dalam rangka mewujudkan Good Corporate Governance. dan kendala yang dihadapi Perseroan dalam melaksanakan ketentuan tersebut serta upaya untuk mengatasi kendala tersebut. Prinsip akuntabilitas dan responsibilitas merupakan prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang akan dianalisis. Penelitian ini merupakan penelitian empiris, dengan metode pendekatan yuridis sosiologis yang dibatasi hanya dalam lingkup masyarakat PT Radio Chakra Bhuwana. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis) untuk data primer dan deskriptif kualitatif untuk data sekunder, berdasarkan teori-teori pustaka dan peraturan perundang-undangan. Sumber data primer diperoleh melalaui wawancara secara langsung dengan Komisaris dan Direktur Operasional PT Radio Chakra Bhuwana, sedangkan sumber data sekunder diperoleh melalui studi dokumen PT Radio Chakra Bhuwana dan studi pustaka berbagai peraturan perundang-undangan dan literatur yang berkaitan dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, PT Radio Chakra Bhuwana telah melaksanakan pasal 108 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dalam rangka mewujudkan Good Corporate Governance. Pelaksanaan ketentuan tersebut dapat terlihat pada Anggaran Dasar Perseroan Terbatas. PT Radio Chakra Bhuwana juga memiliki kendala dalam melaksanakan ketentuan tersebut yaitu kesalahan sistem dalam rekrutmen karyawan dan pengerjaan laporan keuangan. PT Radio Chakra Bhuwana juga berupaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, yaitu dengan cara melakukan rotasi di setiap Divisi Manager sekali dalam setahun dan memberi surat kepada Direksi, kemudian Direksi dapat meneruskan surat tersebut kepada Manager Direksi dan seterusnya. Upaya-upaya yang dilakukan oleh PT Radio Chakra Bhuwana telah berhasil untuk mengatasi kendala-kendala tersebut. Berdasarkan fakta tersebut, maka diharapkan PT Radio Chakra Bhuwana dapat mempertahankan prestasi yang telah dicapainya dan meningkatkan kinerjanya demi citra Perseroan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2009/193/050902509
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2009 08:21
Last Modified: 19 Oct 2021 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110411
[thumbnail of 050902509.pdf]
Preview
Text
050902509.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item