Efektifitas keputusan Bupati Jombang tentang Pemberian Hadiah Kepada Camat dan Kepala Desa yang Berhasil Mencapai Target Pelunasan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Sektor Pedesaan/Perkotaan :

ImamKurniawan (2008) Efektifitas keputusan Bupati Jombang tentang Pemberian Hadiah Kepada Camat dan Kepala Desa yang Berhasil Mencapai Target Pelunasan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Sektor Pedesaan/Perkotaan :. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan skripsi ini memaparkan tentang kebijakan pemerintah daerah dalam upaya peningkatan pendapatan daerah dari sector Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Kebijakan/keputusan Bupati Jombang tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati No.188/10B.415.12/2007 dan No.188/11B/415.12/2007 tentang pemberian hadiah kepada camat dan kepala desa yang berhasil mencapai target pelunasan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) sector pedesaan/perkotaan. Kebijakan ini bertujuan untuk merangsang pemungut pajak di tiap kecamatan dan pedesaan untuk segera melunasi pembayaran pajak bumi dan bangunan. Sehingga penerimaan hasil pajak bumi dan bangunan meningkat. Pelaksanaan kebijakan tersebut dinilai efektif untuk mendongkrak pendapatan dari sector pajak sebagai sumber pendapatan daerah yang digunakan untuk membiayai anggaran rumah tangga daerah sesuai dengan otonomi daerah. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid di lapangan, penulis menggunakan metode penelitian sebagai berikut: metode pendekatan, penentuan lokasi penelitian, jenis dan sumber data, teknik pengumpulan data, penentuan responden, serta analisis data. Dalam upaya peningkatan pendapatan daerah dari sector pajak bumi dan bangunan di wilayah Kecamatan Peterongan terdapat kendala-kendala dalam pelaksanaannya. Kendala-kendala tersebut dari pihak petugas pemungut dan wajib pajak. Untuk mengatasi kendala-kendala tersebut, pihak kecamatan melakukan upaya-upaya penanggulangan dengan cara menegur petugas pemungut pajak dari kecamatan, kepala desa, pengurangan tarif pajak yang lebih besar dari nilai objek pajak, pengecekan langsung ke lapangan terhadap objek pajak. Upaya-upaya yang dilakukan tersebut selama ini dinilai sangat efektif. Dengan adanya kebijakan Bupati tersebut terdapat peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) di wilayah Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang dari tahun 2006 dan tahun 2007.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/78/050801151
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2008 14:35
Last Modified: 19 Oct 2021 02:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110292
[thumbnail of 050801151.pdf]
Preview
Text
050801151.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item