Tanggung Jawab Perusahaan Jasa Ekspedisi Terhadap Kerugian Konsumen Pengguna Jasa Akibat Keterlambatan Pengiriman, Hilang Atau Rusaknya Dokumen : studi di PT.TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Hamid Rusdi Malang

RinaWahyuningsih (2008) Tanggung Jawab Perusahaan Jasa Ekspedisi Terhadap Kerugian Konsumen Pengguna Jasa Akibat Keterlambatan Pengiriman, Hilang Atau Rusaknya Dokumen : studi di PT.TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Hamid Rusdi Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam skripsi ini membahas mengenai faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya keterlambatan pengiriman, hilang atau rusaknya dokumen dan tanggung jawab perusahaan jasa ekspedisi terhadap kerugian konsumen pengguna jasa akibat keterlambatan pengiriman, hilang atau rusaknya dokumen. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya kebutuhan masyarakat akan pengiriman dokumen sehingga menyebabkan perkembangan perusahaan jasa ekspedisi di dalam negeri dalam beberapa tahun terakhir ini, termasuk PT.TIKI JNE yang memiliki banyak cabang di seluruh daerah di Indonesia, yang salah satunya adalah PT.TIKI JNE Cabang Hamid Rusdi Malang yang merupakan cabang utama di Kota Malang dan melayani puluhan pengiriman dokumen setiap harinya. Dari puluhan pengiriman dokumen tersebut ternyata cukup banyak konsumen yang mengalami kerugian akibat keterlambatan, kehilangan atau kerusakan dokumen. Keadaan ini dibuktikan dengan banyaknya klaim konsumen kepada PT.TIKI JNE Cabang Hamid Rusdi Malang. Metode pendekatan yang dipakai untuk mengetahui tanggung jawab perusahaan jasa ekspedisi terhadap kerugian konsumen pengguna jasa akibat keterlambatan pengiriman, hilang atau rusaknya dokumen adalah yuridis sosiologis. Data yang telah diperoleh pada lokasi penelitian diuraikan selanjutnya dianalisis dengan prinsip-prinsip tanggung jawab, ganti rugi dan perlindungan konsumen serta peraturan perundang-undangan khususnya KUHD tentang Ekspeditur dan KUH Perdata Buku III tentang Perikatan dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban bahwa faktorfaktor yang menyebabkan keterlambatan pengiriman serta hilang atau rusaknya dokumen secara garis besar dibagi 2 (dua) faktor yaitu faktor alam, gangguan keamanan dan ketertiban dan faktor manusia. Faktor alam, gangguan keamanan dan ketertiban antara lain gempa bumi, banjir, dan kerusuhan, sedangkan faktor manusia yaitu kesalahan atau kelalaian dalam melakukan pengemasan, pencantuman airway bill, penyampaian dokumen di kota tujuan, memperlakukan dokumen di gudang pengangkut, memasukkan dokumen ke bagasi pesawat dan membongkar dokumen dari bagasi pesawat, dan keterlambatan waktu keberangkatan. Tanggung jawab PT.TIKI JNE Cabang Hamid Rusdi Malang terhadap kerugian konsumen dibedakan atas jenis layanan yaitu layanan reguler dan layanan khusus yang disertai asuransi maupun tanpa asuransi. Untuk keterlambatan pengiriman dokumen dengan layanan reguler PT.TIKI JNE Cabang Hamid Rusdi Malang tidak memberikan ganti kerugian apapun, sedangkan untuk keterlambatan pengiriman dengan layanan khusus, ganti kerugian yang diberikan adalah sebesar ongkos kirim. Untuk kasus kerusakan dan kehilangan dokumen untuk layanan reguler maupun layanan khusus tanpa asuransi, ganti kerugian yang diberikan adalah pengembalian ongkos kirim ditambah sejumlah uang sebesar 10 (sepuluh) kali biaya kirim, sedangkan untuk dokumen yang diasuransikan akan diganti penuh dengan dokumen baru yang memiliki fisik dan kegunaan yang sama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2008/117/050801575
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 07 Aug 2008 10:57
Last Modified: 18 Oct 2021 11:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/110013
[thumbnail of 050801575.pdf]
Preview
Text
050801575.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item