Upaya bank dalam melindungi pemegang kartu kredit [card holder] dari penyalahgunaan kartu kredit : studi di BNI Card Center Jakarta

MahendraFatraNawanda (2007) Upaya bank dalam melindungi pemegang kartu kredit [card holder] dari penyalahgunaan kartu kredit : studi di BNI Card Center Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas mengenai upaya bank dalam melindungi pemegang kartu kredit (cardholder) dari penyalahgunaan kartu kredit. Hal ini dilatarbelakangi dengan pesatnya perkembangan kartu kredit yang mengakibatkan semakin meningkatnya angka kejahatan penyalahgunaan kartu kredit di Indonesia. Namun pada saat ini belum ada rumusan pengaturan yang jelas mengenai kartu kredit, baik dalam KUH Perdata maupun dalam KUH Dagang. Pengaturan kejahatan penyalahgunaan kartu kredit yang ada ternyata belum mampu untuk melindungi masyarakat dan pihak-pihak yang berkepentingan. Hal ini tentunya menyulitkan pihak bank penerbit kartu kredit dalam melindungi nasabahnya dari penyalahgunaan kartu kredit. Maka untuk itu perlu dikaji secara mendalam tentang upaya bank dalam melindungi pemegang kartu kredit dari penyalahgunaan kartu kredit beserta kendala-kendala dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendalakendala penyalahgunaan kartu kredit tersebut. Dalam penelitian ini metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis empiris di BNI Card Center, Kemudian, seluruh data yang ada dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa upaya yang dilakukan bank BNI dalam melindungi nasabahnya dari penyalahgunaan kartu kredit adalah mencantumkan dalam perjanjian yang sudah ditandatangani agar nasabah tidak memberitahu identitas kartu kreditnya kepada orang lain, melengkapi kartu kredit BNI dengan teknologi chips, melaporkan kepada pihak kepolisian apabila ada laporan penyalahgunaan kartu kredit. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi antara lain pada saat ini belum terdapat rumusan yang jelas secara normatif yang mengatur tentang kartu kredit., Masih lemahnya tingkat Sumber daya manusia (SDM) dalam mengantisipasi penyalahgunaan kartu kredit, masih rendahnya tingkat disiplin dan kesadaran dari pemegang kartu kredit (cardholder) BNI dalam menggunakan kartu kreditnya. Upaya yang dilakukan oleh Bank BNI dalam mengatasi kendala-kendala tersebut antara lain membuat suatu perjanjian mengenai ketentuan umum pemegang kartu kredit BNI, menghubungi pihak-pihak yang berwenang apabila terjadi penyalagunaan kartu kredit, memberi penyuluhan kepada pemegang kartu kredit tentang prosedur penggunaan kartu kredit yang baik dan benar. Dari permasalahan di atas, maka diperlukan suatu perangkat hukum dan perhatian dari berbagai pihak khususnya pemerintah untuk membuat suatu peraturan yang lebih jelas mengenai kartu kredit yang mampu melindungi pihak-pihak yang berkepentingan serta dapat menjangkau semua bentuk kejahatan penyalahgunaan kartu kredit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/305/050800028
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2008 13:36
Last Modified: 29 Oct 2021 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109943
[thumbnail of 050800028.pdf]
Preview
Text
050800028.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item