Pelaksanaan penarikan retribusi parkir untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sidoarjo: studi di Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo

EkaWahyuniPujiastuti (2007) Pelaksanaan penarikan retribusi parkir untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Sidoarjo: studi di Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Otoda dengan penerapan asas Desentralisasi dimana sumber pembiayaan pelaksanaan desentralisasi, terdiri dari PAD, perimbangan dan lain-lain pendapatan. Retribusi parkir merupakan salah satu sumber penerimaan dari PAD sehingga perlu penanganan secar serius oleh Dinas Perhubungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara dalam pelaksanaan penarikan retribusi parkir di Kabupaten Sidoarjo, serta kendala dan upaya penarikan retribusi tsb. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis artinya suatu penelitian yang dilakukan terhadap keadan nyata masyarakat atau lingkungan masyarakat dengan maksud dan tujuan untuk menemukan fakta yang kemudian menuju kepada identifikasi dan pada akhirnya menuju pada penyelesaian masalah. Kemudian dianalisis secara deskritif kuantitatif, yaitu prosedur pemecahan masalah dengan cara memaparkan data yang diperoleh dalam bentuk kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa pelaksanaan penarikan retirbusi parkir harus dilakukan berdasarkan mekanisme dan tata cara yang ditetapkan oleh Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo melalui Perda No. 1 tahun 2006 tentang Retribusi Parkir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/294/050703214
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2007 14:26
Last Modified: 28 Oct 2021 07:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109935
[thumbnail of 050703214.pdf]
Preview
Text
050703214.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item