Actio Pauliana sebagai upaya untuk membatalkan perjanjian antara kreditur dengan debitur pailit yang masih mempunyai hubungan saudara : studi kasus di Balai Harta Peninggalan Surabaya

AnnisaSulistyoningarti (2007) Actio Pauliana sebagai upaya untuk membatalkan perjanjian antara kreditur dengan debitur pailit yang masih mempunyai hubungan saudara : studi kasus di Balai Harta Peninggalan Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan perekonomian dan perdagangan serta pengaruh globalisasi yang melanda dunia usaha dewasa ini, dan mengingat modal yang dimiliki oleh para pengusaha pada umumnya sebagian besar merupakan pinjaman yang berasal dari berbagai sumber, baik dari bank, penanaman modal, penerbitan obligasi, maupun cara lain yang diperbolehkan, telah menimbulkan banyak permasalahan penyelesaian utang-piutang dalam masyarakat.1 Krisis moneter yang telah melanda negara Asia termasuk Indonesia sejak pertengahan tahun 1997 telah menimbulkan kesulitan yang besar terhadap perekonomian dan perdagangan nasional. Kemampuan dunia usaha dalam mengembangkan usahanya sangat terganggu, bahkan untuk mempertahankan kelangsungan kegiatan usahanya juga tidak mudah, hal tersebut sangat mempengaruhi kemampuan untuk memenuhi kewajiban pembayaran utangnya. Keadaan tersebut berakibat timbulnya masalah-masalah yang berantai, yang apabila tidak segera diselesaikan akan berdampak lebih luas, antara lain hilangnya lapangan kerja dan permasalahan sosial lainnya. Selain badan hukum, individu-individu pun dapat terjebak dalam masalah hutang-piutang yang jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan milyaran rupiah. Penulisan karya ilmiah ini membahas mengenai actio pauliana sebagai upaya untuk membatalkan perjanjian antara kreditur dengan debitur pailit yang masih mempunyai hubungan saudara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2007/221/050702697
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2007 00:00
Last Modified: 28 Oct 2021 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109905
[thumbnail of 050702697.pdf]
Preview
Text
050702697.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item