Interpretasi Perokok Terhadap Strategi Handling Pack Lucky Strike Mild (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Perokok Di Wilayah Malang)

Putri, Rinta Sari Mandala (2017) Interpretasi Perokok Terhadap Strategi Handling Pack Lucky Strike Mild (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Perokok Di Wilayah Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rokok merupakan salah satu produk yang diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Produk ini berkembang karena telah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang Indonesia. PT. Bentoel sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia telah memproduksi berbagai jenis produk rokok salah satunya adalah produk Lucky Strike Mild yang merupakan produk rokok terbaru dari perusahaan tersebut. Dalam memasarkan Lucky Strike Mild PT. Bentoel menggunakan strategi personal selling dengan menggunakan jasa Sales Promotion Girl (SPG) dan mengkombinasikannya dengan sensory marketing yaitu handling packagar lebih tertarik untuk membeli Lucky Strike Mild, handling pack termasuk sensory marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil analisis persepsi perokok terhadap strategi handling pack Lucky Strike Mild. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan meneliti 8 informan yang dipilih secara purposive sampling. Pengolahan data dilakukan oleh peneliti dengan menganalisis hasil wawancara mendalam peneliti dengan 8 informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perokok menunjukkan kekhawatiran dipaksa untuk membeli dengan adanya handling pack, tidak hanya itu perokok juga mempersepsikan produk rokok secara berbeda dalam dan setelah proses pemasaran berlangsung

English Abstract

Cigarettes is one of the products that interest by some people of Indonesia. This product is growing because it has become a requirement for some people in Indonesia. In Indonesia there are companies that produce and market tobacco products. Types of cigarette products in Indonesia, among kretek, white and mild. PT. Bentoel as one of the largest tobacco companies in Indonesia has produced various types of cigarettes one of them is Lucky Strike Mild which is the latest cigarette product from the company. In marketing Lucky Strike Mild, PT. Bentoel using personal selling strategy by using sales promotion girl (SPG) service and combine it with sensory marketing that is handling pack for consumer more interested to buy Lucky Strike Mild. Handling pack including sensory marketing because it involves the sense of touch of consumer Lucky Strike Mild’s marketing process which is sales people asked the consumer to hold Lucky Strike Mild package marketing process. The purpose of this research is to get the result of smoker perception of Lucky Strike Mild’s handling pack strategy by analysis. The method of this research is using qualitative descriptive by researching 8 informants which is selected by purposive sampling. Data processing conducted by researcher analyzing the result from in-depth interview of researcher with 8 informants. The results of this research indicate that smoker indicate concerns are forced to buy in the presence of handling pack. Not only that smoker also perceive cigarette products differently in and after the marketing process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/506/051706067
Uncontrolled Keywords: Persepsi Konsumen, Sensory Marketing, Personal Selling
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 07 Aug 2017 08:01
Last Modified: 08 Dec 2020 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1098
[thumbnail of Putri, Rinta Sari Mandala.pdf]
Preview
Text
Putri, Rinta Sari Mandala.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item