SyahidahKhusnulKhotimah (2007) Penyelesaian klaim perjanjian asuransi apabila terjadi moral Hazard dari pihak tertanggung : studi di PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam penulisan skripsi ini penulis membahas masalah mengenai Penyelesaian Klaim Perjanjian Asuransi Apabila Ada Tertanggung yang Melakukan Moral Hazard. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya keadaan yang berkaitan dengan kewajiban pemberitahuan mengenai obyek yang diasuransikan dari pihak tertanggung kepada pihak penanggung. Bila kewajiban pemberitahuan mengenai obyek yang diasuransikan tidak disampaikan seluruhnya kepada penanggung hal ini bisa menyebabkan terjadinya moral hazard pada saat pengajuan klaim asuransi. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui penyelesaian klaim perjanjian asuransi pada PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office bilamana ada tertanggung yang melakukan moral hazard dan untuk mengkaji akibat dari moral hazard dalam praktik perjanjian asuransi di PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan tanya jawab, sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara studi kepustakaan yang bersumber dari PDIH Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya, Perpustakaan Kota Malang dan browsing dari internet. Teknik analisa data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah diskriptif kualitatif. Penyelesaian klaim perjanjian asuransi bilamana ada tertanggung yang melakukan moral hazard pada PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office dilakukan melalui tiga tahapan. Yang pertama adalah perusahaan akan melakukan penelitian yaitu melakukan penelitian langsung ke lapangan. Kedua, pihak perusahaan akan menganalisa berkas atau dokumen dari tertanggung. Dan yang terakhir yaitu perusahaan akan memberikan suatu kesimpulan atas pengajuan klaim tersebut. Setelah semua tahapan dilakukan maka dapat diketahui bahwa asuransi tersebut dapat ditutup dengan syarat-syarat dan pembetulan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya menurut pertimbangan perusahaan. Apabila terjadi moral hazard dalam praktik perjanjian asuransi di PT.Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional office maka akan berakibat pada perjanjian tersebut, terdapat dua kemungkinan yaitu apabila moral hazard dilakukan oleh pihak tertanggung tanpa adanya kesengajaan maka perjanjian asuransi dapat dilanjutkan, akan tetapi apabila moral hazard tersebut dilakukan untuk motif kejahatan maka akan berakibat pada batalnya perjanjian asuransi tersebut.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2007/050701960 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 05 Sep 2007 00:00 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:47 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109791 |
Preview |
Text
050701960.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |