DwiRiniAmbarwati (2007) Implementasi Pengawasan Bank Indonesia terhadap Bank Umum dalam rangka mewujudkan Good Corporate Governance : studi pelaksanaan pasal 29 Undang-undang No. 10 tahun 1998 dan pasal 2 ayat (2) huruf c, d dan g Peraturan Bank Indonesia No. 8/4/PBI/2. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai implementasi pengawasan Bank Indonesia Terhadap Bank Umum Dalam Rangka Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi Pelaksanaan Pasal 29 Undang-undang No. 10 tahun 1998 dan Pasal 2 ayat (2) huruf c, d dan g Peraturan Bank Indonesia No. 8/4/PBI/2006). Hal ini dilatar belakangi oleh Bank Indonesia mempunyai tugas untuk melakukan pengawasan terhadap bank umum selain itu juga masih adanya bank umum yang belum melaksanakan Good Corporate Governance dengan baik. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu menganalisis implementasi pengawasan Bank Indonesia Terhadap Bank Umum Dalam Rangka Mewujudkan Good Corporate Governance (Studi Pelaksanaan Pasal 29 Undang-undang No. 10 tahun 1998 dan Pasal 2 ayat (2) huruf c, d dan g Peraturan Bank Indonesia No. 8/4/PBI/2006) dan mendeskripsikan hambatan yang dihadapi Bank Indonesia serta upaya mengatasi hambatan tersebut. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis sosiologis dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi di lapangan yang diolah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data sekunder diperoleh dari penelusuran kepustakaan (literatur) di perpustakaan pusat Universitas Brawijaya, perpustakaan PDIH Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, perpustakaan KBI Malang, penelusuran situs internet, studi pustaka terhadap penelitian, skripsi dan tesis. Kantor Bank Indonesia Malang telah melakukan tugasnya yaitu secara aktif melakukan pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. Sedangkan Bank Jatim Cabang Malang dan Bank BNI Cabang Unibraw Malang telah melaksanakan ketentuan yang tercantum dalam Pasal 2 ayat (2) huruf c, d dan g Peraturan Bank Indonesia No. 8/4/PBI/2006 yaitu (1) penerapan fungsi kepatuhan, auditor internal dan auditor eksternal berupa adanya Direktur Kepatuhan dan Satuan Kerja Audit Intern (2) penerapan manajemen risiko, termasuk sistem pengendalian intern berupa adanya Komite Manajemen Risiko; dan (3) transparansi kondisi keuangan dan non keuangan bank berupa adanya laporan keuangan yang dilakukan oleh masing-masing bank kepada Bank Indonesia secara online dan masing-masing bank tersebut juga telah memberikan informasi mengenai produk-produk yang ditawarkan kepada calon nasabah. Namun terdapat beberapa hambatan yaitu: (1) ketentuan yang sama pada beberapa peraturan lain (overlaping) (2) terbatasnya personel tenaga pengawas (3) adanya bank yang melakukan penyimpangan. Upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia untuk mengatasi hambatan, yaitu: (1) melakukan pengawasan (2) melakukan pelatihan-pelatihan (3) memberikan sanksi terhadap para pelanggar dan melakukan sosialisasi terhadap PBI No. 8/4/PBI/2006.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FH/2007/050701818 |
Subjects: | 300 Social sciences > 340 Law |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 23 Jul 2007 00:00 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 04:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109783 |
Preview |
Text
050701818.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |