Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK pada Pemerintah Provinsi di Indonesia

AlsyaAkbar, Bani (2017) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK pada Pemerintah Provinsi di Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (TLRHP BPK) pada seluruh pemerintah provinsi di Indonesia.Variabel-variabel independen dalam penelitian ini adalah kelemahan pengendalian internal auditee yang diukur dengan jumlah temuan BPK atas kelemahan sistem pengendalian internal (SPI), ketidakpatuhan auditee terhadap peraturan perundang-undangan yang diukur dengan temuan BPK atas ketidakpatuhan terhadap perundang-undangan, pengawasan DPRD yang diukur dengan rasio anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dari partai nonkoalisi, dan akses informasi publik yang diukur dengan keberadaan surat keputusan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah tingkat penyelesaian TLRHP BPK yang diukur dengan rasio temuan BPK yang telah selesai ditindaklanjuti. Data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari BPK, Kemendagri, dan Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia. Objek penelitian ini adalah 34 Provinsi di Indonesia dengan periode penelitian tahun anggaran 2014 dan 2015 sehingga jumlah sampel adalah 68. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dengan alat uji SPSS 21. Hasil uji-F menunjukkan bahwa variabel independen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Hasil uji-t menunjukkan bahwa secara parsial, kelemahan SPI, ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, pengawasan DPRD, dan akses informasi tidak berpengaruh terhadap tingkat penyelesaian TLRHP BPK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/87/051702792
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 17 Mar 2017 10:17
Last Modified: 27 Oct 2021 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109625
[thumbnail of Skripsi_Bani_Alsya_Akbar_145020304111002.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Bani_Alsya_Akbar_145020304111002.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item