Pengaruh Independensi, Kompetensi, Dan Time Budget Pressure Terhadap Kualitas Pemeriksaan (Studi Pada Bpk Ri Perwakilan Jawa Barat)

Ferdiansyah, Feri (2017) Pengaruh Independensi, Kompetensi, Dan Time Budget Pressure Terhadap Kualitas Pemeriksaan (Studi Pada Bpk Ri Perwakilan Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Laporan hasil pemeriksaan di sektor publik memiliki peran yang penting atas terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik. Penelitian ini dilakukan di BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat yang bertujuan untuk menguji pengaruh independensi, kompetensi, dan time budget pressure terhadap kualitas pemeriksaan baik secara simultan ataupun parsial. Populasi pada penelitian ini adalah pemeriksa BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat sebanyak 92 pemeriksa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria pemeriksa yang sudah bekerja sebagai pemeriksa selama 2 tahun. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner sebagai alat untuk mengukur variabel yang diuji. Jumlah kuisioner yang diolah di penelitian ini sebanyak 42. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial independensi dan kompetensi berpengaruh positif terhadap kualitas pemeriksaan, sedangkan time budget pressure berpengaruh negatif terhadap kualitas pemeriksaan. Pengujian secara simultan menunjukan independensi, kompetensi, dan time budget pressure berpengaruh terhadap kualitas pemeriksaan. Implikasi dari penelitian ini adalah guna meningkatkan kualitas pemeriksaan diperlukan upaya untuk meningkatkan kompetensi dan independensi pemeriksa. Kompetensi pemeriksa dapat ditingkatkan dalam bentuk peningkatan pengalaman dan pengetahuan melalui diklat/training, melanjutkan studi. Independensi pemeriksa dapat dilakukan dengan melindungi pemeriksa dari tekanan auditee dan melakukan telaah sesama rekan kerja dalam pemeriksaan secara rutin. Kualitas pemeriksaan meningkat juga dilakukan dengan menurunkan time budget pressure. time budget pressure mengakibatkan pemeriksa meninggalkan program pemeriksaan yang penting sehingga mengurangi kualitas pemeriksaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/46/051702190
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:19
Last Modified: 27 Oct 2021 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109580
[thumbnail of feri_f.pdf]
Preview
Text
feri_f.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item