Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Purchase Intention pada Smartphone IPhone dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Malang)

Riswandi, SuciMeidina (2017) Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Purchase Intention pada Smartphone IPhone dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penulisan penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap purchase intention pada smartphone iPhone di Kota Malang yang dimediasi oleh brand image, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel-variabelnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 110 responden mahasiswa di Kota Malang yang belum pernah melakukan pembelian smartphone iPhone dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji Sobel test. Analisis data menggunakan Partial Least Squares (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0 untuk memudahkan penelitian. Dari hasil pengujian terhadap keempat hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image smartphone iPhone sebesar 0,585. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada smartphone iPhone sebesar 0,243. Variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada smartphone iPhone sebesar 0,576. Variabel electronic word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention pada smartphone iPhone yang dimediasi oleh brand image sebesar 0,337.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/31/051701971
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Mar 2017 11:34
Last Modified: 27 Oct 2021 05:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109564
[thumbnail of SUCI_MEIDINA_RISWANDI.pdf]
Preview
Text
SUCI_MEIDINA_RISWANDI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item