Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi SIPKD Berbasis Web Pemerintah Kota Malang Terhadap Kepuasan Pengguna Dan Kinerja Individu

Azmia, NadiaUly (2017) Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi SIPKD Berbasis Web Pemerintah Kota Malang Terhadap Kepuasan Pengguna Dan Kinerja Individu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) berbasis web Pemerintah Kota Malang dengan mengadaptasi model keberhasilan sistem informasi yang dikembangkan oleh DeLone dan McLean (2003). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data primer melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah convenience sampling. Peneliti memperoleh responden sebanyak 91 orang pegawai SKPD Pemerintah Kota Malang yang menggunakan aplikasi SIPKD web dalam kegiatan operasionalnya. Alat analisis data yang digunakan peneliti adalah SmartPLS versi 2.0.M3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna terdiri dari kualitas layanan, kualitas sistem dan kualitas informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna SIPKD web. Sedangkan kualitas sistem tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna SIPKD web. Hasil peneltian juga memberikan bukti empiris bahwa kepuasan pengguna SIPKD web berpengaruh terhadap kinerja individu para pegawai dalam lingkup SKPD Pemerintah Kota Malang.

English Abstract

The objectives of the study is to examine the factors influencing the satisfaction of web-based SIPKD users at the Government of Malang City by adapting the success model of the information system developed by DeLone and Mclean (2003). The primary data of this quantitative research are collected through questionnaires given to 91 employees who apply SIPKD web in their operational activities. The informants are selected by means of convenience sampling technique. The data are analyzed using SmartPLS 2.0.M3 version. Factors considered influencing the users’ satisfaction are of service quality, system quality, and information quality. The result of the study shows that the service and information qualities do influence the web-based SIPKD users’ satisfaction; on the other hand, system quality does not affect their satisfaction. The study also confirms that the SIPKD web users’ satisfaction affects the employees’ individual performance at the Government of Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/212/051704210
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Jun 2017 09:58
Last Modified: 27 Oct 2021 04:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109495
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_NADIA.pdf] Text
SKRIPSI_LENGKAP_NADIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item