Analisis Kajian Investasi Pada Implementasi Green Building Dalam Upaya Efisiensi Biaya Operasional Dan Keunggulan Bersaing Gedung Perkantoran (Studi Kasus Pada Gedung Graha Cimb Niaga, Jakarta)

Simangunsong, ErikaGiovanni (2017) Analisis Kajian Investasi Pada Implementasi Green Building Dalam Upaya Efisiensi Biaya Operasional Dan Keunggulan Bersaing Gedung Perkantoran (Studi Kasus Pada Gedung Graha Cimb Niaga, Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kajian investasi pada implementasi green building dalam upaya efisiensi biaya operasional dan menciptakan keunggulan bersaing gedung perkantoran. Objek penelitian ini adalah Gedung Graha CIMB Niaga yang berlokasi di daerah Sudirman Central Business District (SCBD). Gedung ini merupakan gedung perkantoran yang telah berdiri (existing building) di Indonesia yang pertama dan satu-satunya yang berhasil meraih sertifikasi predikat Green Mark Platinum dari Building Construction Authority (BCA), Singapura. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif studi kasus. Perolehan informasi dan data didapatkan melalui teknik wawancara dengan manajemen dan pejabat-pejabat senior, data sekunder seperti data keuangan perusahaan dan hasil survei konsultan properti internasional, serta observasi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan analisa efisiensi biaya operasional pengelolaan gedung, investasi pada implementasi green building dapat menghemat penggunaan energi sehingga biaya operasional gedung menjadi lebih efisien. (2) Berdasarkan analisa keunggulan bersaing, investasi pada green building dapat dipandang sebagai strategi kompetitif yang membedakan dengan gedung perkantoran lainnya dan memberikan keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi calon tenant.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/130/051703074
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Mar 2017 14:00
Last Modified: 29 Oct 2021 01:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109406
[thumbnail of SKRIPSI_Erika_Giovanni_135020307111055.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Erika_Giovanni_135020307111055.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item