Analisis Pengaruh Persepsi Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Bbm Pertamax Di Kota Malang)

Uraidy, MohammadAli (2017) Analisis Pengaruh Persepsi Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Bbm Pertamax Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penjualan kendaraan bermotor di Indonesia, baik kendaraan roda dua maupun roda empat berkembang pesat dari tahun ke tahun. Jumlah kendaraan yang semakin meningkat ini berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang juga semakin meningkat. Hal tersebut membuat produsen kendaraan bermotor berlombalomba untuk memasarkan produk andalannya dengan mesin berperforma tinggi. Semakin canggih teknologi pada mesin kendaraan, mengharuskan pemilik kendaraan paham betul mengenai cara perawatannya dan juga bahan bakar yang sesuai untuk kendaraannya. Akan tetapi banyak sekali pemilik kendaraan bermotor yang belum mengerti peran penting dari bahan bakar yang digunakan, padahal jenis bahan bakar yang dibeli sangat berpengaruh terhadap usia kendaraan dan performa mesin. Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti halnya Premium adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannya di kilang minyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi dan product quality terhadap keputusan pembelian. Satuan unit/obyek analisis penelitian ini adalah konsumen atau pembeli dan pengguna bahan bakar pertamax di Kota Malang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 responden. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Menggunakan analisis regresi linier berganda untuk memprediksikan pengaruh dua variabel independen dengan satu variabel dependen. Hasil penelitian dari pengolahan data regresi berganda antara persepsi dan product quality terhadap keputusan pembelian diatas dapat disimpulkan bahwa persepsi dan product quality mempengaruhi pada keputusan pembelian dengan pengaruh sebesar 15,9%, sedangkan sisanya yaitu 84,1% keputusan pembelian dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti. Dari hasil penelitian diketahui bahwa persepsi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian bahan bakar pertamax, sedangkan product quality tidak berpengaruh secara positif dan signifikan. Manfaat penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi dalam usaha untuk meningkatkan volume penjualan melalui perilaku konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/115/051702969
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 24 Mar 2017 08:25
Last Modified: 29 Oct 2021 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109389
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item