Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Di Smak St. Thomas Aquino Tulungagung)

Kristi, Melinda (2016) Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Pada Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Di Smak St. Thomas Aquino Tulungagung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur kinerja berdasarkan metode Balanced Scorecard dengan menggunakan empat perspektif pada institusi pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik “St. Thomas Aquino” Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan wawancara kepada pihak-pihat terkait serta dengan data sekunder yang diolah. Dalam penelitihan ini terdapat standar skor yang digunakan yaitu skor -1 nilai “kurang, skor 0 nilai “cukup”, skor 1 nilai “baik”. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kinerja SMAK “St. Thomas Aquino” Tulungagung jika diukur dengan metode Balanced Scorecard dapat dikatakan “Cukup”. Hal ini didukung dengan keempat perspektif yang ada. Perspektif pelanggan, dengan indikator pertama “pelayanan yang diberikan” ada unsur yang menunjukkan hasil yang “kurang” yaitu unsur akuisisi pelanggan, hal ini dikarenakan penerimaan peserta didik baru berkurang. Indikator kedua yaitu “hasil yang dicapai” menunjukkan nilai “baik”. Perspektif keuangan, dengan indikator pemanfaatan anggaran yang efektif, efisien, dan pemanfaatan penggalangan dana menunjukkan hasil yang cukup. Perspektif proses internal, dengan indikator inovasi, operasi, dan pelayanan purna jual. Ketiga indikator tersebut menunjukkan nilai “baik”. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, dengan indikator pelatihan SDM serta indikator kepuasan karyawan menunjukkan nilai “baik”. Sedangkan indikator memenuhi kebutuhan ketrampilan SDM pada posisi yang strategis, menunjukkan nilai “cukup”. Berdasarkan abstraksi di atas SMAK “St. Thomas Aquino” Tulungagung dapat menggunakan metode Balanced Scorecard dalam mengevaluasi kinerja sekolah serta merumuskan strategi untuk periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/870/051703714
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 May 2017 09:07
Last Modified: 28 Oct 2021 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109351
[thumbnail of 051703714_SKRIPSI_(MELINDA_KRISTI).pdf]
Preview
Text
051703714_SKRIPSI_(MELINDA_KRISTI).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item