Praktik Etika Teknisi Akuntansi Di Koperasi Simpan Pinjam Syariah Bmt Ugt Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan

Hardiyanti, PuspitaSari (2016) Praktik Etika Teknisi Akuntansi Di Koperasi Simpan Pinjam Syariah Bmt Ugt Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik etika teknisi akuntansi di Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Bangkalan baik yang berkaitan dengan akuntansi maupun perilaku keseharian saat bekerja. Jenis penelitian yang digunakan yakni kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen dari koperasi terkait permasalahan yang diangkat. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa perilaku etis dan tidak etis yang dilakukan oleh teknisi akuntansi. Perilaku etis ditunjukkan saat teknisi akuntansi menyelesaikan masalah dengan cara kekeluargaan, melakukan tugasnya dengan jujur, dan menjaga amanah yang diberikan oleh anggota. Selain itu, teknisi akuntansi juga melayani anggota dengan baik, ramah, dan adil. Perilaku tidak etis sederhana dan terlihat sepele yang ditunjukkan teknisi akuntansi yakni tidak melakukan sholat duhur berjamaah di masjid awal waktu akibat waktu operasional yang berbenturan dengan awal waktu duhur. Selain itu, teknisi akuntansi melakukan pertukaran tugas yang tidak sesuai dengan struktur organisasi dan tidak transparan terkait perkembangan dan pengelolaan keuangan koperasi pada calon anggota.

English Abstract

This study aims to analyze the ethical practices of accounting technicians of Syariah Saving and Loan Cooperative UGT BMT Syariah Sidogiri Bangkalan Branch relating to accounting and daily work behaviors. This research is a qualitative descriptive study. The data are obtained using interviews, observations and documentation. Data analysis is performed through three stages, namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results show that there are some ethical and unethical behaviors conducted by accounting technicians. Ethical behaviors are shown when accounting technicians solve problems collegially, perform duties honestly, and maintain the mandate given by the members. In addition, accounting technicians also serve members with good, friendly, and fair. Unethical behaviors look simple and trivial shown by accounting technicians which they do not perform zuhur prayers in mosque at the beginning of its time as their operational time overlaps with zuhur time. In addition, the accounting technicians perform duties switch and have lack of transparency related to the development of cooperatives and cooperative financial management to potential members.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/810/051700224
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 26 Jan 2017 09:20
Last Modified: 28 Oct 2021 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109285
[thumbnail of Skripsi_Puspita_Sari_Hardiyanti.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Puspita_Sari_Hardiyanti.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item