Pengaruh Dimensi Work Engagement Terhadap Customer Satisfaction Dilihat Dari Persepsi Karyawan (Studi Pada Karyawan Muda Di Kota Malang)

Rosyanti, DaisyMarthina (2016) Pengaruh Dimensi Work Engagement Terhadap Customer Satisfaction Dilihat Dari Persepsi Karyawan (Studi Pada Karyawan Muda Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi work engagement yang terbagi menjadi tiga dimensi yaitu vigor (X1), dedication (X2) dan absorption (X3) terhadap customer satisfaction dilihat dari persepsi karyawan muda yang bekerja di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah karyawan muda yang bekerja di Kota Malang dengan rentang usia 20 sampai 29 tahun dengan sampel penelitian sebanyak 107 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu judgement sampling, yang merupakan bagian dari purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, studi pustaka dan observasi. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk setiap item variabel penelitian. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen yaitu semangat, dedikasi dan penyerapan berpengaruh signifikan dan positif secara simultan dan parsial terhadap variabel dependen yaitu kepuasan pelanggan dilihat dari persepsi karyawan muda di Kota Malang. Sedangkan variabel yang berpengaruh secara dominan terhadap kepuasan pelanggan adalah dedikasi.

English Abstract

This objective of this study is to determine the effect of work engagement dimensions, i.e. vigor (X1), dedication (X2) and absorption (X3), on customer satisfaction seen from the perception of young employees who work in the city of Malang. This explanatory research uses quantitative approach. The population of this research is young employees working in Malang, with the age between of 20 to 29 years-old. The research samples of 107 respondents were selected. Through judgment sampling, which is a part of purposive sampling. The data of this study were obtained through questionnaires, literature study and observation. Validity and reliability tests were performed for each item of the research variables. The data were analyzed using multiple linear regression analysis. The results show that each independent variable, i.e. vigor, dedication and absorption, gives a significant and positive influence simultaneously and partially on the dependent variable of customer satisfaction seen from the perception of young employees in Malang. The variable that dominantly influence customer satisfaction is dedication.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/777/051612652
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 15 Dec 2016 13:35
Last Modified: 28 Oct 2021 02:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109253
[thumbnail of DAISY_MARTHINA_ROSYANTI_125020201111005_MANAJEMEN_FEB_UB.pdf] Text
DAISY_MARTHINA_ROSYANTI_125020201111005_MANAJEMEN_FEB_UB.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item