Analisis Perumusan Strategi Untuk Ubud Hotel & Villas Malang

Kasyfillah, VashtyIslamey (2016) Analisis Perumusan Strategi Untuk Ubud Hotel & Villas Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi lingkungan dan persaingan merupakan faktor-faktor penentu dalam perencanaan strategi yang dapat menentukan dan mempengaruhi kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang dari suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan internal yang dimiliki dan lingkungan eksternal yang dihadapai oleh Ubud Hotel & Villas, sehingga dapat ditentukan strategi yang tepat dan sesuai untuk diterapkan pada Ubud Hotel & Villas. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, dengan menganalisis data, dan menginterpretasikannya. Data-data yang diteliti meliputi aspek lingkungan internal maupun eksternal Ubud Hotel & Villas, sehingga dapat ditemukan peluang, ancaman yang harus dihadapi, serta kekuatan, dan kelemahan Ubud Hotel & Villas dalam menghadapi pesaingnya. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Matriks EFE, Matriks IFE, Matriks IE, dan Matriks QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan eksternal dan internal berpengaruh terhadap pemilihan strategi yang tepat untuk Ubud Hotel & Villas. Strategi yang tepat tersebut ialah strategi pengembangan produk dengan Total Skor Daya Tarik sebesar 6,03. Strategi pengembangan produk ini adalah di mana perusahaan akan memusatkan atau memfokuskan diri pada usaha untuk meningkatkan penjualannya melalui pengembangan dan perbaikan produk yang ada saat ini agar lebih baik dari para pesaingnya dan dengan harga yang bersaing juga.

English Abstract

Environment condition and competition are the drivers which determine strategy planning that define and influence the strengths, weaknesses, threats and opportunities of a company. This study aims to determine the internal and external environment conditions faced by Ubud Hotel & Villas, so that Ubud Hotel & Villas can be able to determine appropriate and suitable strategy. The research is a qualitative research that attains descriptive data in the form of written words, which then the data are analyzed and interpreted. The examined data include internal and external environment aspects of Ubud Hotel & Villas. From the data examination, it finds opportunities, threats that must be handled, as well as the strengths and weaknesses of Ubud Hotel & Villas to compete with its competitors. Next, the analysis tools used are EFE Matrix, IFE Matrix, IE Matrix, and Matrix QSPM. The results of this study indicate that both internal and external environment influence the selection of appropriate strategies for Ubud Hotel & Villas. The right strategy is product development strategy with the total score of Attractiveness reaching 6.03. Product development strategy suggests that companies would rather focus on on its efforts to increase sales through the development and improvement of the existing products to be better than its competitors; in addition, the company may offer competitive price as well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/757/051612521
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Dec 2016 10:17
Last Modified: 28 Oct 2021 02:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109231
[thumbnail of Vashty_Islamey_Kasyfillah_(125020207111054).pdf]
Preview
Text
Vashty_Islamey_Kasyfillah_(125020207111054).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item