Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Fromulasi Strategi Perusahaan ( Studi Kasus Pada Rumah Sakit Unipdu Medika Kabupaten Jombang )

Rachman, AchmadFaris (2016) Analisis Lingkungan Sebagai Dasar Fromulasi Strategi Perusahaan ( Studi Kasus Pada Rumah Sakit Unipdu Medika Kabupaten Jombang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesehatan merupakan salah satu hal dasar yang dibutuhkan oleh manusia, karena merupakan hak fundamental. Dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi, meningkatnya pendidikan dan perekonomian, kesadaran akan pentingnya kesehatan di masyarakat juga meningkat yang menyebabkan tuntutan dan harapan akan mutu jasa layanan kesehatan juga meningkat. Oleh karena itu, rumah sakit sebagai salah satu penyelenggara jasa layanan kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Sebagai perusahaan rumah sakit harus bisa memformulasikan strategi yang tepat agar dapat bertahan dan mencapai tujuan organisasinya serta mencapai keunggulan kompetitif dengan adanya perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang, ancaman, kelemahan, dan kekuatan Rumah Sakit Unipdu Medika Jombang, dan strategi yang tepat bagi Rumah Sakit Unipdu Medika Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan analisis IFE, analisis EFE, Analisis SWOT, analisis Matriks Strategi Besar, analisis Internal External, dan analisis QSPM Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor peluang Rumah Sakit Unipdu Medika lebih besar dari faktor ancaman, dan faktor kelemahan lebih besar dari faktor kekuatan. Alternatif strategi yang harus dilakukan berdasarkan hasil analisis adalah penetrasi pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/724/051611759
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Nov 2016 08:40
Last Modified: 28 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109195
[thumbnail of 125020200111112.pdf]
Preview
Text
125020200111112.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item