Keragaman Jenis, Pola Penyediaan Dan Nutrisi Hijauan Pakan Ternak Kambing Di Kawasan Ub Forest

Rahmawati, Risadila (2018) Keragaman Jenis, Pola Penyediaan Dan Nutrisi Hijauan Pakan Ternak Kambing Di Kawasan Ub Forest. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kambing merupakan ternak ruminansia sehingga pakan utamanya adalah hiijauan. Sumber hijauan pakan juga dapat diperoleh dari area hutan, salah satu hutan yang dapat di manfaatkan sebagai sumber hijauan adalah UB Forest. UB Forest adalah hutan pendidikan Universitas Brawijaya dengan luas 512,77 hektar di kawasan lereng Gunung Arjuno, tepatnya di Dusun Sumbersari, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. UB Forest juga menjadi tempat budidaya aneka tanaman diantaranya kopi, karet, pinus, dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keragaman jenis, pola penyediaan dan kandungan nutrisi hijauan pakan ternak kambing di kawasan UB Forest. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Sumbersari, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah hijauan pakan ternak di kawasan UB Forest. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan pengamatan langsung di lapang. viii keragaman jenis hijauan yang diberikan oleh peternak sebanyak 17 jenis hijauan, yakni rumput benggala (Panicum maximum), rumput kolonjono (Panicum muticum), aseman (Aeschynomene indica), kacangan (Centrosema pubescens Benth.) lamtoro (Leucaena leucocephala), kubis (Brassica oleracea), singkong (Manihot utilissima), pakis (Diplazium esculentum), alpukat (Persea americana Mill.), grebes (Chromolaena odorata), ketul (Bidens pilosa L.), mencokan (Debregeasia longifolia (Burm f) Wedd.), nangka (Artocarpus integra), pahitan (Tithonia diversifolia), teh-tehan (Eupatorium riparium Regel), dan wedusan (Ageratum conyzoides) Hasil analisis komposisi botani HPT di kawasan UB Forest menunjukkan bahwa peringkat pertama adalah mencokan (Debregeasia longifolia (Burm f) Wedd) dengan presentase 27,38%, disusul oleh lamtoro (Leucaena leucocephala) dengan persentase 18,23% dan rumput kolonjono (Panicum muticum) dengan persentase 14,86%. Sistem pemeliharaaan ternak kambing dilakukan secara intensif dengan penyediaan HPT secara cut and carry. Nilai nutrisi BK dan PK HPT kambing di kawasan UB telah mencukupi kebutuhan hidup pokok (maintenance)menurut Kearl (1982). Kesimpulan dari penelitian ini hijauan yang paling banyak diberikan dan disukai ternak adalah mencokan Debregeasia longifolia (Burm f) Wedd. Nilai nutrisi BK dan PK hijauan pakan ternak kambing di kawasan UB telah mencukupi kebutuhan hidup pokok (maintenance). Saran pada penelitian ini adalah perlunya pembudidayaan hijauan pakan ternak yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti tanaman jenis leguminosa di kawasan UB Forest.

English Abstract

UB Forest is an educational forest of 512,77 hectares, located on the slopes of Mount Arjuno granted by the government to Universitas Brawijaya thanks to the achievements of Universitas Brawijaya. The purpose of this research is to know the diversity, the pattern providing and nutrition forage for goat in UB Forest area. This experiment used descriptive analysis, diversity of type, composition of botany analysis and nutrition of forage analysis. The result of this research is forage given by farmers in UB forest area is 17 species with cut and carry system, composition of botany showed that the first, second and third rank in UB Foest area is Debregeasia longifolia (Burm f) Wedd (27.38%), Leucaena leucocephala (18.23%) and Panicum muticum (14.86%). The content of BK and PK forage is sufficient for the needs of goat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/115/051802742
Uncontrolled Keywords: forage, composition of botany, nutrition, goat.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.3 Sheep and goats > 636.39 Goats > 636.390 85 Goats (Feeds and applied nutrition) > 636.390 852 Goats (Applied nutrition)
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 May 2018 06:19
Last Modified: 22 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10919
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (506kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item