Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecenderungan Kecurangan Serta Dampaknya Terhadap Akuntabilitas Organisasi (Studi Pada Universitas Brawijaya Malang)

Yudanto, IpmaRahman (2016) Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kecenderungan Kecurangan Serta Dampaknya Terhadap Akuntabilitas Organisasi (Studi Pada Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memprediksi pengaruh gaya kepemimpinan, kesesuaian kompensasi, keefektifan pengendalian internal dan ketaatan aturan akuntansi terhadap kecenderungan kecurangan serta dampaknya terhadap akuntabilitas organisasi pada instansi pemerintahan. Penelitian ini menggunakan convenience sampling dalam pengambilan data primer dengan sampel sebanyak 160 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi diketahui bahwa gaya kepemimpinan, kesesuaian kompensasi, keefektifan pengendalian internal dan ketaatan aturan akuntansi berpengaruh negatif signifikan terhadap kecenderungan kecurangan serta kecenderungan kecurangan berpengaruh negatif signifikan terhadap akuntabilitas organisasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan memiliki pengaruh dominan dalam mempengaruhi kecenderungan kecurangan. Hal tersebut menunjukkan bahwa tipe memimpin dari seorang pemimpin dapat mempengaruhi kinerja karyawan dan hal ini bisa digunakan Universitas Brawijaya untuk menekan tindak kecenderungan kecurangan. Hal yang dapat dilakukan seperti: mengakui dan menghargai bawahan, menentukan tujuan yang realistis untuk instansi, menyampaikan dengan jelas arah dan tujuan yang diinginkan, memberikan inspirasi kepada bawahan serta memberi pujian atau penghargaan pada pegawai yang menyelesaikan tugas tepat waktu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/589/051609785
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Oct 2016 09:39
Last Modified: 27 Oct 2021 04:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/109043
[thumbnail of Faktor-Faktor_yang_Mempengaruhi_Kecenderungan_Kecurangan_serta_Dampaknya_terhadap_Akuntabilitas_Organisasi_(Studi_pada_Un~1.pdf]
Preview
Text
Faktor-Faktor_yang_Mempengaruhi_Kecenderungan_Kecurangan_serta_Dampaknya_terhadap_Akuntabilitas_Organisasi_(Studi_pada_Un~1.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item