Analisis Sistem Du Pont Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pt. Semen Indonesia Tbk. Sebelum Dan Sesudah Melakukan Akuisisi (Tahun 2010-2014)

Nora, Shely (2016) Analisis Sistem Du Pont Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pt. Semen Indonesia Tbk. Sebelum Dan Sesudah Melakukan Akuisisi (Tahun 2010-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan PT Semen IndonesiaTbk sebelum dan sesudah melakukan akuisisi terhadap Thang Long Cement, Vietnam. Penelitian ini menggunakan model sistem du pont yang terdiri dari perhitungan net profit margin, total assets turnover, return on investment, debt ratio, dan return on equity. Obyek penelitian ini yaitu PT Semen Indonesia Tbk periode tahun 2010-2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus yang mendeskripsikan keadaan kinerja keuangan PT Semen Indonesia Tbk antara sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai profit margin margin perusahaan berfluktuasi dan cenderung menurun, namun justru membaik pada saat akuisisi. Nilai TATO perusahaan sebelum sampai dengan akuisisi menurun, dan kembali membaik dan stabil setelah akuisisi. Nilai ROI perusahaan konstan menurun selama lima tahun terakhir. Dari segi pembiayaan, proporsi penggunaan utang tertinggi berada pada tahun akuisisi, lalu kembali menurun setelahnya. Nilai ROE perusahaan sebelum akuisisi menurun, namun justru membaik pada saat akuisisi, lalu kembali menurun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/533/051609872
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Oct 2016 14:11
Last Modified: 11 Oct 2016 14:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108982
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item