Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah Di Indonesia Melalui Metode Islamicity Performance Index (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Dan Syariah Mandiri Periode 2012-2013)

Haq, FadliIqomul (2015) Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah Di Indonesia Melalui Metode Islamicity Performance Index (Studi Pada Bank Muamalat Indonesia Dan Syariah Mandiri Periode 2012-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan potensi pertumbuhan keuangan syariah yang sangat besar, termasuk didalamnya perbankaan syariah. Tantangan utama bank syariah adalah bagaimana mewujudkan kepercayaan dari para stakeholder. Ekspektasi stakeholder terhadap bank syariah tentu berbeda dengan bank konvensional. Hal ini didasari oleh kesadaran bahwasanya bank syariah dikembangkan sebagai lembaga keuangan yang melaksanakan kegiatan usaha sejalan dengan prinsip-prinsip dasar dalam ekonomi Islam. Oleh karena itu, dibutuhkan alat evaluasi kinerja yang dapat mengungkap penerapan prinsip-prinsip syraiah di dalamnya. Penelitian ini mencoba mengungkap penerapan prinsip-prinsip syriah pada kinerja bisnis dan sosial pada bank BMI dan BSM periode 2012-2013 dengan menggunakan islamicity performance index. Untuk kinerja bisnis rasio-rasionya adalah profit sharing ratio, islamic investment vs non islamic investment, dan islamic income vs non islamic income, sedangkan kinerja sosial rasionya adalah zakat performance ratio, eqitable distribution ratio, dan director-employee welfare ratio. Dari hasil penelitian ini didapati bahwa kinerja BMI lebih baik dari BSM, yakni profit sharing ratio kinerja bisnis BMI lebih baik dari BSM dengan dua rasio lebih baik, yakni profit sharing ratio, dan islamic investment vs non islamic investment, sedangkan BSM lebih baik pada rasio islamic income vs non islamic income. Untuk kinerja sosial BMI lebih baik dengan dua rasio yakni eqitable distribution ratio, dan director-employee welfare ratio, sedangkan untuk rasio zakat kedua bank sama-sama mengluarkan zakat sebesar 2,5% setiap tahunya. Kesimpulanya kinerja BMI lebih baik dibandingkan dengan BSM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/519/051609858
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Oct 2016 14:23
Last Modified: 10 Oct 2016 14:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108966
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item