Pengaruh Komitmen Organisasi, Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, Keadilan Organisasi, Budaya Etis Organisasi, Dan Penegakan Hukum Terhadap Kecenderungan Kecurangan

Saputro, RikoAdi (2016) Pengaruh Komitmen Organisasi, Efektivitas Sistem Pengendalian Internal, Keadilan Organisasi, Budaya Etis Organisasi, Dan Penegakan Hukum Terhadap Kecenderungan Kecurangan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji komitmen organisasi, efektivitas sistem pengendalian internal, keadilan organisasi, budaya etis organisasi, dan penegakan hukum yang mempengaruhi terjadinya kecenderungan kecurangan. Penelitian ini dilakukan di sejumlah dinas yang terdapat di Kabupaten Mojokerto dengan menggunakan kuesioner. Peneliti memperoleh responden sebanyak 71 orang yang bekerja di bagian keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial komitmen organisasi, efektivitas sistem pengendalian internal, keadilan organisasi, dan penegakan hukum berpengaruh negatif terhadap kecenderungan kecurangan, sedangkan budaya etis organisasi tidak berpengaruh terhadap kecenderungan kecurangan. Implikasi dari penelitian ini bagi organisasi sektor pemerintahan adalah agar organisasi memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya kecederungan kecurangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/498/051609837
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Oct 2016 09:40
Last Modified: 10 Oct 2016 09:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108942
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item