Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Di Satuan Wilayah Pembangunan Gerbangkertosusila Provinsi Jawa Timur Tahun 2009-2014

wibowo, AndreasRizkiadiYuniasto (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyerapan Tenaga Kerja Di Satuan Wilayah Pembangunan Gerbangkertosusila Provinsi Jawa Timur Tahun 2009-2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengangguran adalah masalah perekonomian makro yang sudah yang dialami setiap negara di dunia termasuk di Indonesia. Satuan Wilayah Pembangunan GERBANGKERTOSUSILA(Gresik,Bangkalan,Kabupaten Mojokerto,Kota Mojokerto,Kota Surabaya,Kabupaten Sidoarjo,Lamongan) yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur yang termasuk sebagai bagian dari Negara Indonesia, juga mengahadapi masalah yang sama. Penanggulangan pengangguran yang efektif memerlukan upaya peningkatan penyerapan tenaga kerja secara komprehensif dari tahun ke tahun. Fokus utama dari pengurangan pengangguran adalah tentang bagaimana meningkatkan jumlah penyerapan tenaga kerja lebih banyak angkatan kerja yang mampu terserap.peningkatan jumlah penyerapan tenaga kerja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu Pertumbuhan Ekonomi,Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK), Penanaman Modal Asing(PMA), serta Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). Oleh karena itu studi ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, upah minimum Kabupaten/Kota, penanaman modal asing, dan penanaman modal dalam negeri terhadap penyerapan tenaga kerja di satuan wilayah pembangunan Gerbangkertosusila di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pertumbuhan Ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Variabel tingkat upah berpengaruh negatif an signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Variabel PMA berpengaruh positif dan signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja. Variabel PMDN berpengaruh positif tetapi kurang signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/483/051609745
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Oct 2016 13:31
Last Modified: 06 Oct 2016 13:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108926
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item