Determinats Of Intellectual Capital Disclosure Level Of Service Companies Listed On The Indonesian Stock Exchange

Novita, Amalia (2016) Determinats Of Intellectual Capital Disclosure Level Of Service Companies Listed On The Indonesian Stock Exchange. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengungkapan modal intelektual dan karakteristik perusahaan (usia perusahaan, periode cantuman, profitabilitas, jenis perusahaan CPA, dan pertumbuhan yang kuat) di perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2015. Populasi yang digunakan Penelitian adalah 305 perusahaan jasa dari IDX dan sampel adalah 264 perusahaan. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa usia perusahaan, periode listing, profitabilitas, dan pertumbuhan yang kuat secara signifikan mempengaruhi pengungkapan modal intelektual. Usia perusahaan terkait dengan pengalaman dalam memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh para pemangku kepentingan mereka. Perusahaan yang baru saja terdaftar untuk IDX cenderung mengungkapkan lebih untuk mengurangi skeptisisme dan meningkatkan kepercayaan investor. Dalam tambahan, perusahaan yang memiliki kinerja yang lebih tinggi cenderung melakukan pengungkapan sukarela untuk mendapatkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dari investor, yang dapat tercermin dalam kompensasi yang lebih tinggi. Perusahaan yang dalam fase pertumbuhan perlu mengumpulkan investor yang dapat membiayai mereka dengan melakukan pengungkapan sukarela. Namun, ukuran perusahaan CPA secara tidak signifikan mempengaruhi dsclosure modal intelektual. Justifikasi rasional adalah perusahaan CPA mereka tidak mengharuskan klien mereka untuk melaporkan data secara berlebihan yang diperlukan oleh standar akuntansi.

English Abstract

This research aims to know the relationship between intellectual capital disclosure and firm characteristics (firm age, listing period, profitability, type of CPA firm, and firm growth) in Service companies listed in Indonesia Stock Exchange (IDX) in 2015. Population used in this research are 305 service companies from IDX and the sample are 264 companies. This research uses multiple regression analysis. The research findings show that the firm age, listing period, profitability, and firm growth significantly affects intellectual capital disclosure. Firm age is related to the experience in fulfilling the information which their stakeholders need. Companies which just listed to IDX are likely to disclose more to reduce scepticism and boost confidence of investors. In additional, companies which has higher performance tend to do voluntary disclosure to obtain higher degrees of confidence from investors, which may be reflected in higher compensation. The firm which is in the growth phase need to gather investor which can finance them by doing voluntary disclosure. However, size of CPA firm insignificantly affects intellectual capital dsclosure. The rational justification is their CPA firms do not require their clients to report data in excess of that required by the accounting standards.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/480/051609742
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 07 Oct 2016 08:51
Last Modified: 07 Oct 2016 08:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108923
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item