Analisis Rasio Profitabilitas, Likuiditas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi (Studi Padaperusahaan Non Keuangan Dan Perbankan Dibursa Efek Indonesiaperiode 2009-2014

Krisnawati, RetnoDwi (2016) Analisis Rasio Profitabilitas, Likuiditas, Leverage Dan Ukuran Perusahaan Dalam Memprediksi Peringkat Obligasi (Studi Padaperusahaan Non Keuangan Dan Perbankan Dibursa Efek Indonesiaperiode 2009-2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Obligasi merupakan salah satu instrumen yang diminati oleh investor karena memiliki pendapatan yang bersifat tetap. Dari sisi emiten, obligasi dianggap aman karena memiliki biaya emisi yang lebih murah. Hal ini mendorong peningkatan nilai outstanding obligasi tepatnya di tahun 2007 outstanding obligasi mengalami lonjakan yang tinggi, namun outstanding obligasi sempat mengalami penurunan di tahun 2008 karena adanya krisis keuangan global, tetapi di tahun 2009 obligasi korporasi mulai mengalami pertumbuhan yang lebih baik. Di sisi lain, obligasi tetap memiliki risiko gagal bayar oleh karena itu peringkat obligasi dijadikan sebagai salah datu indikator yang harus dipertimbangkan oleh investor sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada obligasi, karena peringkat obligasi bisa memberikan gambaran mengenai tingkat risiko yang mungkin akan timbul di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh rasio profitabilitas, likuditas, leverage dan ukuran perusahaan dalam memprediksi peringkat obligasi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non keuangan dan non perbankan yang memiliki periode oblligasi 2009-2014. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 perusahaan setelah digunakan purposive sampling maka didapatkan sebanyak 7 sampel perusahaan. Model analisis yang digunakan adalah model regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel rasio profitabilitas dan leverage berpengaruh tidak signifikan terhadap peringkat obligasi, sedangkan variabel rasio likuiditas dan ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap peringkat obligasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/475/051609737
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 06 Oct 2016 09:31
Last Modified: 06 Oct 2016 09:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108917
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item