Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Terlisting Di Bursa Efek Indonesia Yang Termasuk Dalam Corporate Governance Perception Index (Cg

Praningrum, AdaniKhairina (2016) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Terlisting Di Bursa Efek Indonesia Yang Termasuk Dalam Corporate Governance Perception Index (Cg. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Good Corporate Governance terhadap kinerja keuangan perusahaan yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan berpartisipasi dalam survei Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang diadakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG). Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil survei penilaian CGPI, serta variabel dependen yang digunakan adalah Return On Asset (ROA), dan Return On Equity (ROE). Sampel perusahaan yang digunakan sejumlah 48 perusahaan, yang telah terdaftar dalam BEI dan mengikuti survei CGPI secara konsisten selama tiga tahun berturut-turut mulai dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Data penelitian berupa hasil survei CGPI diperoleh dari majalah online SWA dan laporan keuangan perusahaan dari Galeri Investasi BEI Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dengan uji statistik f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Good Corporate Governance berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur dengan Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/404/ 051607284
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Aug 2016 14:20
Last Modified: 13 Jan 2022 03:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108838
[thumbnail of PDF_ADANI_K._P..pdf]
Preview
Text
PDF_ADANI_K._P..pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item