Konsep Lindung Nilai (Hedging) Dalam Transaksi Keuangan Syariah

Nugroho, RidhoNugroho (2016) Konsep Lindung Nilai (Hedging) Dalam Transaksi Keuangan Syariah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep lindung nilai (hedging) dalam transaksi keuangan syariah. Penelitian ini menganalisis pada akad salam dan akad murabahah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lindung nilai (hedging) sebagai pendekatan manajemen risiko untuk mengurangi risiko dengan membatasi kemungkinan terjadinya kerugian yang ditimbulkan akibat ketidakstabilan harga komoditas, nilai mata uang ataupun surat berharga. Akad salam dan akad murabahah dapat dijadikan sebagai lindung nilai (hedging) dalam transaksi keuangan syariah karena pada kedua akad telah disegel atau dikunci di awal pada saat akad. Oleh karena itu, dengan disegel atau dikuncinya harga di awal saat akad akan melindungi nilai di masa yang akan datang karena fluktuasi harga. Selain itu, tujuan lindung nilai adalah untuk mengurangi risiko dalam transaksi.

English Abstract

The purpose of this research is to clarify the concept of hedging in Islamic financial transactions. This research analyzes the salam agreement and murabahah agreement. This research is descriptive research. Source of data used in this research using secondary data. The result indicate that the hedging is a risk management approach to reduce risk by limiting the possibility of loss caused by the instability of commodity prices, currency values or securities. Salam agreement and murabahah agreement can be used as a hedging in Islamic financial transactions since the both agreement has been sealed or locked at the beginning of the agreement. Hence, by sealing or locking the price at the beginning of the agreement will protect the value in the future due to price fluctuations. Moreover, the purpose of hedging is to reduce the risk in the transaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/393/ 051607216
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 12 Aug 2016 09:19
Last Modified: 12 Aug 2016 09:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108825
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item