Pengaruh Servicescape terhadap Revisit Intention dengan Pleasure Feeling Emotion sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar)

Rohmah, ElokArifatu (2016) Pengaruh Servicescape terhadap Revisit Intention dengan Pleasure Feeling Emotion sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh servicescape terhadap pleasure feeling emotion dan revisit intention pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden yang diambil dari populasi pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel yang dipilih yaitu minimal berusia 17 tahun, minimal pernah satu kali berkunjung ke Wisata Edukasi Kampung Coklat,serta memiliki keinginan untuk mengunjungi kembali Wisata Edukasi Kampung Coklat. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik.. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dengan menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servicescape mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pleasure feeling emotion pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat. Pleasure feeling emotion juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel revisit intention pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat. Servicescape mempunyai pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap revisit intention pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat. Namun secara tidak langsung, pleasure feeling emotion secara positif dan signifikan dapat memediasi pengaruh servicescape terhadap revisit intention pengunjung Wisata Edukasi Kampung Coklat. Oleh karena itu, pleasure feeling emotion memiliki pengaruh positif sebagai mediasi sempurna antara servicescape dan revisit intention berdasarkan penelitian pada Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/361/051606443
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Jul 2016 16:06
Last Modified: 01 Nov 2021 10:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108790
[thumbnail of Pengaruh_Servicescape_terhadap_Revisit_Intention_Melalui_Pleasure_Feeling_Emotion_sebagai_Variabel_Mediasi.pdf]
Preview
Text
Pengaruh_Servicescape_terhadap_Revisit_Intention_Melalui_Pleasure_Feeling_Emotion_sebagai_Variabel_Mediasi.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item