Analisis Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus 38 Kabupaten/Kota Di Jawa Timur)

Hidayat, MNoorSandi (2015) Analisis Dampak Desentralisasi Fiskal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Timur (Studi Kasus 38 Kabupaten/Kota Di Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desentralisasi fiskal den pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah topik yang masih hangat diperbincangkan sampai saat ini oleh pakar ekonomi. Dan juga masih banyak penelitian yang terus diuji dengan berbagai macam studi kasus dengan tujuan mengetahui hasil yang mutlak dari hubungan antara desentralisasi fiskal dan pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah melalui efisiensi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui bagaimana pengaruh desentralisasi fiskal terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur pada periode tahun 2009-2013, apakah selama tahun tersebut desentralisasi fiskal memberikan pengaruh positif atau negatif terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur. dalam upaya mencapai tujuan digunakan regresi data panel dengan menganalisa 38 kab/kota di Jawa Timur selama periode 2009-2013. Penulis mendapatkan hasil bahwa penerimaan daerah mempunyai pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur, hal ini dikarenakan semakin meningkatnya PAD maka mengindikasikan peningkatan pertumbuhan ekonomi, karena semakin meningkatnya penerimaan daerah yang menyebabkan meningkatnya nilai tambah atas produksi pada daerah tersebut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/36/051603130
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Apr 2016 15:33
Last Modified: 01 Nov 2021 10:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108788
[thumbnail of Fixed_Minor_Thesis_M.Noor_Sandi_H.pdf]
Preview
Text
Fixed_Minor_Thesis_M.Noor_Sandi_H.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item