Analisis Kualitas Laporan Keuangan Daerah Sebagai Salah Satu Syarat Terwujudnya Good Governance (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Kediri)

Sahertian, AdistyBramantyo (2016) Analisis Kualitas Laporan Keuangan Daerah Sebagai Salah Satu Syarat Terwujudnya Good Governance (Studi Kasus Pada Pemerintah Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki 3 tujuan utama, pertama untuk mengetahui kesesuaian laporan keuangan pemerintah Kabupaten Kediri dengan karateristik kualitatif laporan keuangan, kedua adalah menganalisis kualitas laporan keuangan untuk terwujudnya good governance, dan terakhir ialah untuk memberikan gambaran solusi dari pemerintah Kabupaten Kediri ketika menghadapi kendala dalam proses penyusunan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan metode pengumpulan datanya menggunakan wawancara. Tolak ukur yang digunakan peneliti dalam penelitian ini ialah karakteristik kualitatif laporan keuangan. Karakteristik kualitatif laporan keuangan terdiri dari 4 aspek, yaitu relevan, andal, dapat dibandingkan, dan dapat dipahami. Hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Pemerintah Kabupaten Kediri telah menyusun laporan keuangannya sesuai dengan karakteristik kualitatif laporan keuangan, (2) Pemerintah Kabupaten Kediri perlu meningkatkan upaya untuk mewujudkan good governance dikarenakan masih ada dugaan kasus korupsi di pemerintahannya dan masyarakat masih mempertanyakan aspek kejujuran pemerintah, (3) Kendala yang dihadapi pemerintah Kabupaten Kediri ialah kecurangan yang dilakukan oleh pegawainya. Solusi yang disiapkan ialah dengan menetapakan sistem reward and punishment untuk pegawai pemerintah Kabupaten Kediri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/330/051605752
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jul 2016 15:39
Last Modified: 29 Oct 2021 01:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108755
[thumbnail of ANALISIS_KUALITAS_LAPORAN_KEUANGAN_DAERAH_SEBAGAI_SALAH_SATU_SYARAT_TERWUJUDNYA_GOOD_GOVERNANCE.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_KUALITAS_LAPORAN_KEUANGAN_DAERAH_SEBAGAI_SALAH_SATU_SYARAT_TERWUJUDNYA_GOOD_GOVERNANCE.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item