Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Minat Beli melalui Sikap Pada Produk Kerajinan Keramik Dinoyo - Kota Malang

Valentine, Elizabeth (2016) Pengaruh Pengetahuan Produk terhadap Minat Beli melalui Sikap Pada Produk Kerajinan Keramik Dinoyo - Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk terhadap minat beli melalui sikap pada produk kerajinan keramik Dinoyo, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden yang diambil dari populasi konsumen di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel yang dipilih yaitu, minimal berusia 17 tahun, mengetahui sentra keramik Dinoyo dan produk yang dijual, serta memiliki minat untuk membeli produk kerajinan keramik Dinoyo. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini antara lain uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh temuan bahwa variabel pengetahuan produk mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap sikap. Variabel sikap mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap minat beli. Variabel pengetahuan produk mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap minat beli. Variabel pengetahuan produk mempunyai pengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap minat beli melalui sikap. Pengaruh langsung variabel X terhadap Z menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan konsumen pada produk keramik Dinoyo maka akan membentuk sikap pada produk tersebut. Pengaruh langsung variabel Z terhadap Y menunjukkan bahwa sikap positif konsumen cenderung akan membentuk minat beli pada produk keramik Dinoyo. Pengaruh langsung variabel X terhadap Y menunjukkan bahwa pengetahuan produk dan informasi yang jelas tentang produk keramik Dinoyo dapat memunculkan minat beli konsumen. Pengaruh tidak langsung variabel X terhadap Y melalui Z menunjukkan bahwa sikap pada produk terbukti dapat memediasi pengetahuan produk terhadap minat beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2016/253/ 051604946
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 25 Jul 2016 09:21
Last Modified: 25 Jul 2016 09:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/108669
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item